Hukum Upah Jasa Bekam

SHARE:

Hukum mengambil upah jasa bekam, benarkah dilarang dan itu haram?

HADITS 270. UMDATUL AHKAM
KITABUL BUYU' (BAB LARANGAN DI DALAM JUAL BELI)

 عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ رضي الله عنه،

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ثَمَنُ الْكَلْبِ خَبِيث، وَمَهْرُ الْبَغِيِّ خَبِيثٌ ،كَسْبُ الْحَجَّامِ خَبِيثٌ.

 متفق عليه
Hukum Upah Jasa Bekam

Dari Rafi' bin Khadij radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Keuntungan dari jual beli anjing adalah buruk, penghasilan pezina adalah buruk dan upah dari membekam juga buruk."

HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

- Jual beli anjing dan zina adalah haram sehingga penghasilan dari keduanya jelas haram nan buruk.

- Adapun bekam maka di hadits lain dikatakan "sebagai seburuk-buruk atau serendah-rendahnya nilai pekerjaan" sehingga upah darinya ternilai buruk pula, karena pada hakekatnya membekam itu adalah mengeluarkan darah kotor. Dan mengambil upah darinya apalagi dengan dipatok tarifnya, hukumnya makruh tidak sampai pada tingkatan haram. Wallohu a'lam.

Sumber : t.me/salafysala3
--------------------

HUKUM UPAH JASA BEKAM

Pertanyaan, 

Bismillah, ustadz izin tanya, bagaimana hukum upah jasa dari bekam dan mana yang lebih baik seikhlasnya atau bertarif.

Mohon penjelasannya ustadz

Jazakumullah khairan.

Jawaban,

al-Ustadz Abu Fudhail 'Abdurrahman bin 'Umar hafizhahullah, 

Syekh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah berkata, 

لا بأس أن تعطي الحجّام أجرته كما قال عبد الله بن عبّاس رضي الله عنهما: " إنّ أجرة الحجّام ليست حراماً، قال ولو كانت حراماً ما أعطى النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم الحجّام أجرته " ، وصدق رضي الله عنه ، ( لكنّ كسب الحجّام خبيث ) بمعنى: أنّه رديء لأنّه ينبغي للحجّام أن يتطوّع ويتبرّع لأنّ في هذا إنقاذ لإخوانه من الضّرر والهلكة، فكونه يأخذ عليها أجرًا نقول: إنّ هذا الأجر رديء وليس حرامًا.

"Tidak mengapa engkau memberikan kepada tukang bekam upah sebagaimana yang dikatakan oleh Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhuma, 

'Sesungguhnya upah tukang bekam tidaklah haram. Kalaulah haram, tentu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak akan memberikan upah kepada tukang bekam.' 

Benar apa yang beliau katakan. Namun sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, 

'Penghasilan tukang bekam itu buruk'

Maknanya adalah rendah karena semestinya bagi tukang bekam untuk sukarela tanpa meminta upah karena hal ini dapat menyelamatkan saudara-saudaranya dari kemudaratan dan bahaya. 

Adapun ketika dia mengambil upah, kita katakan, 'Sesungguhnya upah ini rendah bukan haram' (https://alathar.net/home/esound/index.php?op=codevi&coid=65370).

Wallahua'lam

📃 𝐒𝐮𝐦𝐛𝐞𝐫: https://t.me/TJMajmuahFudhail

--------------


--------------------------------

HUKUM SEPUTAR UPAH BAGI PEMBEKAM

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah pernah ditanya,

Pertanyaan:

Apakah hasil dari bekam merupakan hasil yang BURUK bukankah itu hasil yang HARAM ? 

Jawaban:

"Telah diriwayatkan dari Nabi shalallahu alaihi wa sallam, bahwa beliau menamakan [Bawang putih dan Bawang bakung] atau yang semisalnya dengan sesuatu yang buruk.

Apakah kedua makanan tadi halal atau haram hukumnya?

Tentu HALAL, masalah hasil dari  bekam ini sama dengannya yaitu buruk, yaitu penghasilan yang hina.

Maka sudah sepantasnya bagi tukang bekam untuk TIDAK mengambil upah. Namun tatkala ia mau mengambil upah, maka sesuai dengan kadar amalannya saja tanpa mengambil untung, dan hasil tersebut BUKAN merupakan perkara yang haram."

Liqaa al Baab al-Maftuh (213)

Sumber: t.me/KajianIslamTemanggung

--------------------------------------

HUKUM MENGAMBIL UPAH BAGI PEMBEKAM

Asy-Syaikh Ubaid bin Abdillah al-Jabiry rahimahullah

Pertanyaan:

جزاكم الله خير شيخنا، وهذا السؤال الخامس عشر والأخير؛

تقول السائلة من تونس:

Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan wahai Syaikh kami. Ini adalah pertanyaan kelima belas dan terakhir; Seorang wanita dari Tunisia bertanya: 

أقوم بحجامة بعض الأخوات، وآخذ على ذلك أجرًا نظرًا لحالتي المادية؛ فهل في ذلك شيء؟

Saya biasa membekam sebagian Akhwat dan saya meminta bayaran sebagai ganti pembelian alat-alat yang terpakai. Apakah hukum perbuatan ini?

Jawaban;

يا بنتي من تونس؛ احتجم النبي - صلَّى الله عليه وسلَّم- وأعطى الحاجم أُجْرَته.

Yang pertama; Wahai anakku dari tunisia. Sungguh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu pernah berbekam, dan memberi upah kepada tukang bekam tersebut.

لعلَّ أخواتك انتقدن عملكِ لأنه بَلَغُهُنَّ حديث ((كَسْبُ الْحَجَّامِ خَبِيثٌ))، وهذا الحديث صحيح

Yang kedua: Mungkin saja Akhwat-akhwat lain mengkritik perbuatan anda dikarenakan telah sampai kepada mereka sebuah hadits; “Upah bekam adalah jelek." (Dan hadits ini shahih)

لكن جمعًا بين هذا الحديث والذي ذكرته لكِ قبل

Akan tetapi, untuk mengkompromikan kedua riwayat hadits yang kita telah sebutkan maka kesimpulannya:

أعني أنَّ الحديث الأول؛ وهو حديث احتجام النبي - صلَّى الله عليه وسلَّم- وإعطائه الحَجَّام أُجْرَته؛ هذا يُفيد الجواز

Larangan dalam riwayat menunjukan hukumnya makruh. Adapun riwayat yang menyebutkan bahwah Nabi memberikan upah kepada tukang bekam ini menunjukan hukum pembolehan.

وحديث ((كَسْبُ الْحَجَّامِ خَبِيثٌ)) يفيد النهي، فالجَمْعُ بينهما أنَّ النهي هُنا الذي هو ذمُّ الفعل؛ للكراهة وليس للتحريم

Maka hadits “Upah bekam adalah jelek” menunjukan larangan. Untuk mengkompromikannya adalah, bahwasannya larangan disini -yang mencela perbuatannya- menunjukan larangan yang bersifat makruh, bukan larangan yang bersifat haram.

Sumber || http://bit.ly/2A3mck2

WhatsApp Salafy Indonesia

Channel Telegram || http://telegram.me/forumsalafy

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Upah Jasa Bekam
Hukum Upah Jasa Bekam
Hukum mengambil upah jasa bekam, benarkah dilarang dan itu haram?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNrgHyyheru8HHkNp6QyYXmiVosQTtN2mgt6HlLF6ReZgszpPPMDscsW4ZNfo3HALKCU6cthUqNgZXSrz8T4vkMElSwzJAtPmSqgxwjgBpikg8SnU8lbxC1T2nG9RVyUAnKA2iBbX-l6eUemGIkfgCRD2sxW6h7IB7C2pboqOMJragIyV-I1H8qKfvHg5-/s16000/hukum%20mengambil%20upah%20bekam.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNrgHyyheru8HHkNp6QyYXmiVosQTtN2mgt6HlLF6ReZgszpPPMDscsW4ZNfo3HALKCU6cthUqNgZXSrz8T4vkMElSwzJAtPmSqgxwjgBpikg8SnU8lbxC1T2nG9RVyUAnKA2iBbX-l6eUemGIkfgCRD2sxW6h7IB7C2pboqOMJragIyV-I1H8qKfvHg5-/s72-c/hukum%20mengambil%20upah%20bekam.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2024/01/hukum-upah-jasa-bekam.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2024/01/hukum-upah-jasa-bekam.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy