Jangan Merasa Hebat Karena Merasa SUdah Melakukan Ibadah Ini dan Itu

YUK SHARE:

JANGAN MERASA HEBAT KARENA MERASA SUDAH MELAKUKAN IBADAH INI DAN ITU Oleh karena itu, kebahagiaan manusia, kebaikan manusia, deng...

JANGAN MERASA HEBAT KARENA MERASA SUDAH MELAKUKAN IBADAH INI DAN ITU




Oleh karena itu, kebahagiaan manusia, kebaikan manusia, dengan mewujudkan kalimat 'laailaha illallah' dalam hatinya yang utama, baru kemudian dibuktikan dalam amalnya.
Yakni mewujudkan dalam hatinya kalimat "iyyaka na'bud wa iyyaka nasta'in", Ya Alloh kepadaMu lah kami beribadah, tidak kepada yang lain, dan kepadaMu lah kami meminta pertolongan.

Ikhwanifidiin a'azakumullah,
1. yang pertama 'ibadah,
2. yang kedua isti'anah.
termasuk dalam yang dibahas tadi.Tahu yang disembahnya adalah Alloh, tetapi tahu pula bahwa kita nggak akan mampu kecuali dengan kekuatan dari Alloh, walahaula walaquwwata illabillah. Nggak ada kekuatan, nggak ada daya upaya kecuali dengan bantuan dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Ketika kita bisa berdiri shalat, ketika kita bisa berpuasa di bulan romadhon, bersyukurlah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Allah memberikan pertolongan, bantuan kepada kita, sehingga kita bisa mendirikan sholat. Betapa banyak orang-orang yang ingin shalat tapi salah, betapa banyak yang ingin sholat tapi dia dalam keadaan tidak sempat, berapa banyak orang yang ingin beribadah tapi dia tidak mampu, kasihan.

Ikhwanifidiin a'azakumullah, maka beribadahnya kepada Allah, tetapi kita yakin kita ngga akan mampu beribadah kecuali dengan bantuan Allah. Nggak akan mampu kita sholat dengan baik, nggak akan mampu puasa dengan baik dan benar kecuali dengan bantuan dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Maka kalimat yang paling haq adalah kalimat dalam surat Al fatihah "iyyaka na'bud wa iyyaka nasta'in". Ya Alloh kepadaMu lah aku beribadah dan kepadaMu lah kami memohon pertolongan, bantuan.

Jangan sombong, jangan sombong dengan ibadah. Saya hebat, saya tinggi ibadahnya, saya sudah bisa qiyamulail, saya sudah bisa puasa dawud, saya sudah begini sudah begini, harusnya Allah memberikan saya begini dan begitu. Kok sombongnya..... "harusnya Allah......" Sudah berani mengharuskan Allah?

Lantas yang membantu kamu sehingga kamu bisa qiyamulail, siapa? Yang memberikan i'anah, dukungan dan bantuan kepadamu sehingga kamu bisa berpuasa dengan puasa dawud Masyaa Allah, siapa? Yang memberikan kepadamu kekuatan, yang memberikan kepadamu kesehatan, yang memberikan kepadamu dalam wujud yang normal tidak cacat, yang menjadikan kamu memiliki kekuatan, siapa? Yang memberikan fasilitas buatmu sehingga kamu bisa bernafas, bisa makan, bisa minum dengan normal, siapa? Semua dijawab Allah, Allah...

 Berarti ibadah kamu yang hebat itu Allah yang menakdirkannya untukmu, "afalatakun hamdansyakuro", Tidakkah semestinya kamu menjadi hamba yang syukur?

Ikhwanifiddii a'azakumullah, Rosululloh shalallahu 'alaihi waalihiwasallam yang sudah dijamin dengan ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sholatnya Masyaa Allah, khusyu'nya Masyaa Allah, berdirinya, sujudnya, sehingga kaki beliau bengkak, sampai Aisyah mengatakan "Ya...Rosulullah untuk apa yang seperti ini, padahal engkau telah diampuni dosa yang lalu dan dosa yang akan datang?" Jawabnya "afalatakuna hamdansyakuro", kalau sudah diampuni dosa-dosaku bukankah semestinya aku menjadi hamba yang bersyukur.

Ikhwanifidiin a'azakumullah, sholat (adalah-pen) nikmat, bisa sempat solat berjamaah (adalah-pen) nikmat, kita mendapatkan dari Alloh taufiq, itu kenikmatan juga. Kemudian bersukur, kamu bisa syukur juga nikmat dari Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Bagaimana kamu akan sombong? Bagaimana kita bisa lepas dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala?
Tidak akan bisa, nggak akan bisa lepas dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

_______________________________

Ditranskrip oleh Syabab Forum Salafy dari rekaman kajian

Kitab Ighotsatul Lahfan Fi Mashoyidhisysyaithon BAB 6 menit 25.07-29.36

Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed hafizhahulloh

WSI || http://forumsalafy.net/jangan-merasa-hebat-karena-sudah-melakukan-ibadah-ini-dan-itu/

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,101,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,333,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,24,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Jangan Merasa Hebat Karena Merasa SUdah Melakukan Ibadah Ini dan Itu
Jangan Merasa Hebat Karena Merasa SUdah Melakukan Ibadah Ini dan Itu
http://2.bp.blogspot.com/-y3htgy5Kra0/VjoeoAsTTYI/AAAAAAAAE0I/_S8JdtdcX2c/s320/aku%2Bsombong.png
http://2.bp.blogspot.com/-y3htgy5Kra0/VjoeoAsTTYI/AAAAAAAAE0I/_S8JdtdcX2c/s72-c/aku%2Bsombong.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/11/jangan-merasa-hebat-karena-merasa-sudah-ibadah.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/11/jangan-merasa-hebat-karena-merasa-sudah-ibadah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy