Sifat Ulama yang Dijadikan Panutan

SHARE:

Kriteria ulama yang dijadikan panutan adalah orang-orang yang berilmu tentang Allah ta'ala, memahami al-Qur'an dan sunnah

SIFAT ULAMA YANG DIJADIKAN PANUTAN




Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah

Pertanyaan:
Apa kriteria ulama yang dijadikan panutan?

Jawaban:

Kriteria ulama yang dijadikan panutan adalah orang-orang yang berilmu tentang Allah ta'ala, memahami al-Qur'an dan sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, menghiasi diri mereka dengan ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

Maka ulama yang dijadikan panutan adalah orang-orang yang menggabungkan antara dua perkara yakni ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

Sehingga tidaklah diikuti seorang 'alim yang tidak mengamalkan ilmunya, begitu pula tidak diikuti seorang yang bodoh yang tidak memiliki ilmu. Maka yang diikuti hanyalah seseorang yang menggabungkan dua perkara yakni ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

Terkait dengan ulama yang mereka itu dijadikan panutan di negeri kita dan yang didapati kaset-kaset mereka banyak jumlahnya ---alhamdulillah-- dikenal di antara manusia, tidak seorangpun tak kenal mereka baik yang ada di desa maupun kota, yang tua maupun yang muda. Mereka orang-orang yang memberikan fatwa, putusan, pengajaran, dan sebagainya. Mereka itu orang-orang yang dikenal dari mereka keilmuannya, ketakwaannya, dan sikap wara'nya. Pimpinan ulama kita yakni Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, Beliau adalah seseorang yang Allah ta'ala anugrahkan kepadanya ilmu yang kuat, amal shalih , dakwah kepada Allah, keikhlasan, dan kejujuran. Tidak tersembunyi atas setiap orang, Beliau--wallillahil hamd-- muncul darinya kebaikan yang banyak berupa tulisan, karangan, kaset, dan pelajaran.

Demikian pula ulama yang memberikan fatwa dalam acara " Nurun 'Alad Darb", mereka juga--walillahil hamd--Anda kenal dari mereka fatwa-fatwa yang tepat dan ucapan yang bermanfaat, mereka adalah Samahatusy Syailkh Abdul Aziz bin Baz, Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, dan saudara-saudara mereka dari kalangan hakim yang memiliki keutamaan. Keutamaan tersebut diperoleh karena tidak tersibukkan dengan pengadilan dan  manusia percaya terhadap darah, harta, dan kemaluan mereka hanyalah kepada orang yang dipercaya keilmuannya.
Sesungguhnya para ulama ini memiliki kesungguhan dalam dakwah, keikhlasan, dan membantah terhadap orang yang ingin memalingkan dakwah dari jalannya yang benar, baik sengaja maupun tidak sengaja. Mereka ini memiliki pengalaman, pengetahuan, pendapat yang bagus, dan pengatahuan terhadap yang shahih dari yang tidak shahih.

Maka wajib Anda memiliki kaset dan pelajaran mereka serta mengambil manfaatnya. Karena di dalamnya ada banyak manfaat untuk kaum muslimin. Namun setiap 'alim tidak lepas dari kesalahan dan penyimpangan dalam perjalanan atau pemikiran, maka hendaknya berhati-hati darinya.
Sehingga janganlah mengambil ilmu dari Juhhal (orang-orang bodoh) meskipun mereka memberikan pengajaran dan tidak mengambil pula dari orang yang menyimpang dalam aqidah karena kesyirikan atau penolakan serta tidak megambil dari ahli bid'ah dan orang yang menyimpang meskipun dinamakan ulama.

Maka ulama ada tiga jenis:
➡️Orang yang memiliki ilmu yang manfaat dan amal shalih
➡️Orang yang berilmu tanpa diamalkan
➡️Orang yang beramal tanpa ilmu

Allah ta'ala telah menyebutkan tiga jenis ini akhir surat Al-Fatihah, dan kita diperintah memohon  kepada Allah ta'ala agar memberi hidayah kepada jenis jalan yang pertama dan menjauhkan kita dari dua jenis jalan yang terakhir. Allah ta'ala berfirman:

اهدنا الصراط المسنقيم. صراط الذين أنعمت عليهم  غير المغضوب عليهم ولا الضلين

"Tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus. Yaitu jalan yang telah Engkau beri nikmat atas mereka. Bukan jalan yang Engkau murka atas mereka dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat. (Al-Fatihah: 6-7).

Allah ta'ala menjadikan jenis yang pertama sebagai  orang yang diberi nikmat atasnya, dan jenis yang kedua sebagai yang dimurkai atasnya, serta yang ketiga sebagai orang yang sesat.
Dua jenis yang terakhir ini seperti kelompok-kelompok yang menyimpang pada hari ini, meskipun kelompok tersebut menisbatkan kepada Islam.

Al-Ajwibah Mufidah 'an Asilatil Manahijil Jadidah, hal. 25

http://www.sahab.net/forums/

Sumber : Gema Darussunnah

****

Disebarkan Oleh Happy Islam | Arsip Fawaid Salafy
Join Channel Telegram

telegram.me/happyislamcom

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,42,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,232,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,451,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,16,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Sifat Ulama yang Dijadikan Panutan
Sifat Ulama yang Dijadikan Panutan
Kriteria ulama yang dijadikan panutan adalah orang-orang yang berilmu tentang Allah ta'ala, memahami al-Qur'an dan sunnah
http://2.bp.blogspot.com/-o88FtRxZJVQ/VljOljMAl6I/AAAAAAAAFrc/g3LcIeA19dI/s400/para%2Bilmu-yang-diambil-ilmu.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-o88FtRxZJVQ/VljOljMAl6I/AAAAAAAAFrc/g3LcIeA19dI/s72-c/para%2Bilmu-yang-diambil-ilmu.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/11/sifat-ulama-yang-dijadikan-panutan.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/11/sifat-ulama-yang-dijadikan-panutan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy