Mengatasi Anak yang Selalu Manja Karena Dimanja Oleh Neneknya

YUK SHARE:

Bagaimanakah cara mengatasi anak yang selalu manja? Apabila minta sesuatu harus selalu dipenuhi, mintanya sambil membentak-bentak.

TARBIYATUL AULAD
Mengatasi anak yang selalu manja karena dimanja oleh neneknya


Tanya:
Bagaimanakah cara mengatasi anak yang selalu manja? Apabila minta sesuatu harus selalu dipenuhi, mintanya sambil membentak-bentak. Itu semua dikarenakan anak tersebut selalu dimanja sama neneknya. Minta sesuatu selalu dipenuhi, dan imbasnya mengenai kepada abi dan umminya. Jazakumullahu khoiron katsiro.

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abul Faruq Ayip Syafruddin hafizhahullah

Wa antum fajazakumullahu khoiron. Neneknya jadi kambing hitam.

❓Kenapa neneknya yang disalahkan?
❓Bukankah tanggung jawab pendidikan anak ada pada orang tua?

قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

❓Kan begitu?
❓Kenapa harus nenek yang disalahkan?

Maka dari itu, kita sebagai orang tua, bicara dengan nenek. Dengan ibu kita atau mertua kita.

"Saya ingin mendidik anak seperti ini. Kalau saya mengatakan tidak boleh, tolong nenek juga mengatakan tidak boleh"

Jangan ada dua kepemimpinan di dalam rumah ini. Saya jadi pemimpin, nenek jadi pemimpin. Kan begitu? Jangan ada dua yang mengatur di rumah ini.

🔀Saya membolehkan, nenek tidak membolehkan.
🔀Saya tidak membolehkan, neneknya membolehkan.
🔀Saya tidak memberi, nenek memberi.

Kalau seperti ini, anak akan memanfaatkan sesuatu yang memang diinginkan oleh dirinya. Dia tidak akan menghadap kepada orang tuanya, karena dia yakin orang tuanya tidak akan mengabulkan permintaannya, maka dia lari ke nenek. Oleh karena itu, sampaikan kepada nenek:

"Nek, tolong bantu saya nek. Saya ingin mendidik anak saya secara baik dan benar sesuai tuntunan syariat, bantu kami nek! Nek, bantu kami! Kalau kami mengatakan, anak minta jajan es, terus kami tidak, nenek juga katakan tidak. Kalau kami mengatakan anak ini ingin main hp, kemudian nenek melihat, dilarang!"

Sehingga kita mendidik anak ini satu arah, satu tujuan. Harus dikomunikasikan demikian, harus disampaikan kepada nenek kita seperti ini. Tentunya dengan bahasa yang baik, bahasa yang santun. Jangan nenek dibentak-bentak, kan begitu? Jangan dibentak-bentak, sampaikan dengan cara yang baik, santun.

Mohon pertolongannya, mohon bantuannya, mohon doanya juga nek, agar cucu nenek ini menjadi orang yang shaleh, yang shalehah.

Kan nenek senang kalau cucunya baik, tidak manja. Sudah manja, mandi jarang karena dimanja itu tadi. Maka kerja sama yang baik dengan nenek dari anak kita tersebut, untuk mengarahkan anak kita tersebut.

Sehingga apa?
Sehingga kompak dalam mendidik, satu suara. Tidak, (maka, -red) tidak. Iya, (maka, -red) iya. Anak biasanya akan bingung, kalau kita menanamkan sebuah nilai, sebuah prinsip, sebuah pemahaman kepada anak, kita mengatakan tidak, istri kita mengatakan iya, anak bingung.

"Ini yang mana sih yang bener? Abah mengatakan tidak boleh, ummi boleh-boleh saja"

Bingung anak. Jangan dibuat bingung anak itu. Harus satu persepsi, harus satu arah, satu tujuan, sehingga anak tidak kemudian dibingungkan. Ini penting didalam mendidik anak-anak.

Sumber :
http://www.thalabilmusyari.web.id/2015/10/mengatasi-anak-yang-selalu-manja-karena.html

TIS | طلب العلم الشرعي


KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,101,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,24,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Mengatasi Anak yang Selalu Manja Karena Dimanja Oleh Neneknya
Mengatasi Anak yang Selalu Manja Karena Dimanja Oleh Neneknya
Bagaimanakah cara mengatasi anak yang selalu manja? Apabila minta sesuatu harus selalu dipenuhi, mintanya sambil membentak-bentak.
http://2.bp.blogspot.com/-gFhqy-XopP8/VjabMKdgkoI/AAAAAAAAExw/K3FFHXJWwZg/s320/mainan%2Banak.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-gFhqy-XopP8/VjabMKdgkoI/AAAAAAAAExw/K3FFHXJWwZg/s72-c/mainan%2Banak.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/11/mengatasi-anak-yang-selalu-manja-karena-nenek.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/11/mengatasi-anak-yang-selalu-manja-karena-nenek.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy