Semangat Ta'awun Dalam Membina Umat

YUK SHARE:

APA NASEHAT & SARAN UNTUK KAMI YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN MA'HAD? | DALAM TA'AWWUN KADANG MUNCUL SIKAP EMOSIONAL ANTARA SENIOR & JUNIOR, SOLUSINYA ?

SILAKAN DENGARKAN AUDIONYA





APA NASEHAT & SARAN UNTUK KAMI YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN MA'HAD? | DALAM TA'AWWUN KADANG MUNCUL SIKAP EMOSIONAL ANTARA SENIOR & JUNIOR, SOLUSINYA ?


Disampaikan Oleh:
Al-Ustadz Muhammad Afifuddin as-Sidawy حفظه الله تعالى

( Transkrip )

💡🔦 Tolong nasihat dan saran kepada kami yang hidup di lingkungan ma’had ketika dulu belum ada, Alhamdulillah sekarang sudah ada ma’had.

👍🏻 Masya Allah, bagus!
👍🏻 Bagus ya ikhwan!

{1⃣} Nasihat yang pertama ialah merapat ke lingkungan yang bagus, apa lagi sekarang lingkungannya Allahulmusta’an terlalu banyak perkara-perkara yang tidak bagus di luar sana.

💎 Orang yang baik akan berupaya merapat kepada lingkungan yang bagus, mencari bhi'ah sholihah, lingkungan yang baik hadza awwala.

{2⃣} Yang kedua ditumbuhkan semangat ukhuwah, semangat persaudaraan di kalangan para ikhwah-ikhwah yang ada di lingkungan pesantren, antara  pengurus antara santri antara para mutazawwijin para ikhwan para akhwat ditumbuhkan semangat ukhuwah islamiyah didalamnya.

🌾 Ditumbuhkan semangat yang namanya taawun tadi alal birri wa taqwa barakallahufiikum. Sehingga muncul sebuah lingkungan yang baik, yang shalih yang islami yang nyaman yang bagus yang bersaudara di atas bimbingan yang benar alal Kitab wa Sunnah dengan pemahaman shalaful ummah. Barakallahufiikum.

💫💢 Ditinggalkan segala bentuk asbab-asbab perselisihan dan segala macamnya ya ikhwan, ini sangat bagus sekali. Bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla ketika sudah ada ma’had lingkungan pesantren.

🏠❌❔ Yang dulu ketika tidak ada ma’had pusing memikirkan lingkungan sebelah yang ada. Keluar rumah masuk rumah pemandangannya tidak nyaman, begitu ada pondok pesantren ribut. Kan tidak lucu, itu namanya orang-orang yang kerdil tidak berjiwa besar. Makanya tumbuhkan ukhuwah dibesarkan pondok yang ada. Barakallahufiikum, didukung dimotivasi ditumbuhkan semangat ukhuwah tasyawur taawun taakhi wa ha kadza.
🔎🔐 Naam ya ikhwan, contoh Rasul dan para Shahabatnya ketika itu ya ikhwan.

🎯 Dalam ta’awun kadang muncul sikap emosional karena orang yang muda-muda besar semangatnya tapi kurang kurang sabarnya. Yang tua-tua lebih banyak pengalamannya sehingga cenderung memaksakan pendapatnya, mestinya kan disinergikan ya ikhwah. Bersinergi antara tua dan muda, kompisisi yang bagus, tuwek kabeh tidak ada regenerasi muda semuanya rawan, minim pengelaman.

🏨 Ketika di sebuah tempat ada generasi tua ada generasi muda, bagus! Disinergikan! Makanya menggunakan prinsip ta’awun yang jelas, semua tidak kembali kepada yang tua atau yang muda, kembali kepada Al haq, Al Kitab wa Sunnah dengan pemahaman salaf.

⏳ Ketika ada perkara yang dibahas, dimusyawarahkan, antum jangan mikiri suara terbanyak, atau yang tua atau yang paling muda. Tidak! Semuanya menyampaikan idenya, menyampaikan idenya, digodok dan dicari yang sesuai dengan Al quran dan Sunnah dengan pemahaman salaful ummah. Kalau semua sesuai dicari yang paling maslahat untuk dakwah di tempat anda. Fahimtum?

✅ Terkadang pendapat yang muda yang di ambil, nah pas. Ada kalanya yang tua diambil karena cocok. Ada kalanya digabungkan dua pendapat tadi sesuai dengan keadaannya. Paham insya Allah ya?

💥 Untuk mengatasi emosional tadi, barakallahufiikum dengan cara luruskan niat. Niat anda itu
❌pengen dapat nama,
❌ dapat kemasyhuran
❌prestise
❌atau apa?

🔓Yang namanya ta’awun untuk ibadah kepada Allah melaksanakan perintah lillah hita’ala. Sehingga kalau misalkan pendapat anda tidak diterima jangan langsung nesu, jangan marah-marah. Jangan merasa dilecehkan karena antum tidak punya niatan apapun ya ikhwan. Fahimtum?

🌺 Ikhlaskan niat yang tulus niatnya. Harus sabar berjiwa besar barakallahufiikum. Jadi kalo menurut saya malah bagus, komposisinya tepat ada yang muda ada yang tua, sehingga di sinergikan.

Allahuta’ala alam bish shawab.



Sumber :
📅 Tanya jawab Dauroh "Semangat Ta’awun Dalam Membina Ummat” | Sabtu, 18 Muharrom 1436 H / 31 Oktober 2015 M di Masjid Aisyah, Talok, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

📥 Unduh audionya di  http://bit.ly/1Q1kyTw 


Dipublikasikan Pada :
Rabu 22 Muharram1437H / 04 November 2015M Jam 18:24wib

Semangat Ta'awun Dalam Membina Umat


📚 Tholibul Ilmi Cikarang

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,101,Kontemporer,104,Manhaj,102,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,334,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,18,Ringkasan,87,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,56,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,24,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Semangat Ta'awun Dalam Membina Umat
Semangat Ta'awun Dalam Membina Umat
APA NASEHAT & SARAN UNTUK KAMI YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN MA'HAD? | DALAM TA'AWWUN KADANG MUNCUL SIKAP EMOSIONAL ANTARA SENIOR & JUNIOR, SOLUSINYA ?
http://2.bp.blogspot.com/-1P4LMe6Es0s/VjojGhGbqTI/AAAAAAAAE0s/PwsL5ca6Fkk/s320/semangat%2Btaa%2527awun.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-1P4LMe6Es0s/VjojGhGbqTI/AAAAAAAAE0s/PwsL5ca6Fkk/s72-c/semangat%2Btaa%2527awun.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/11/semangat-taawun-dalam-membina-umat.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/11/semangat-taawun-dalam-membina-umat.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy