Cerita Robin Hood Si Pencuri

SHARE:

Terdoktrinnya pemahaman bahwa bolehnya melakukan kemaksiatan dengan tujuan kebaikan.

Cerita Robin Hood Si Pencuri

cerita-robin-hood
Kesimpulan Maut yang Terpetik dari Cerita Robin Hood
Robin Longstride atau lebih tenar dikenal dengan nama Robin Hood adalah seorang tokoh legendaris yang berhasil ditanamkan kepada publik sebagai sosok pahlawan pembela kebenaran.
Keberanian yang dihiasi kedermawanan menjadikan sang pemanah ulung ini memasuki deretan tokoh panutan di dalam cerita-cerita maupun cinema. 
Dikisahkan dalam sepak terjang kehidupannya, Robin Hood kerap merampok orang-orang kaya yang lewat di hutan daerah kekuasaannya. 
Namun hasil rampokannya tidak dia gunakan kecuali untuk dibagi-bagikan kepada kaum miskin di sekitarnya.
Dengan inilah sosok Robin Hood sebagai ksatria yang baik hati mendapat tempat.
Wallahu ‘alam, apakah memang demikian keadaan nyata Robin Hood atau semua hanya fiktif belaka.
Yang pasti imej orang ketika ditanya tentang siapa Robin Hood, niscaya tidak jauh dari apa yang digambarkan di atas.
Tidaklah berlebihan jika kita mau sedikit peka terhadap nilai pelajaran yang diserap dari cerita ‘sang pencuri baik hati’ ini.
Apakah itu?
Terdoktrinnya pemahaman bahwa bolehnya melakukan kemaksiatan dengan tujuan kebaikan.
Dengan kata lain mencuri bisa saja diperbolehkan asal niatnya baik seperti yang dilakukan Robin Hood.
Jika mau ditarik lebih luas lagi, mungkin di jaman sekarang pemahaman seperti itu melebar kepada bolehnya mencuri harta orang kaya yang zhalim atau merampok pejabat yang korup asalkan hasil curiannya dibagi-bagikan kepada fakir miskin.
Laa haula walaa quwwata illa billah
Bagaimanakah Islam menjawab hal ini?
Cukup sabda Nabi sebagai jawabnya.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya, “Allah tidak menerima shadaqah dari harta hasil curian atau rampasan”.
(Shahih, HR. Muslim).
Bersabda pula Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang artinya, “Sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik-baik”.
(Shahih, HR. Muslim).
Maka melalui tulisan ini semoga saja kita tidak lagi menganggap sosok Robin Hood sebagai pahlawan tauladan, dan tidak lagi memandang positif pelaku kasus-kasus pencurian yang dihiasi dengan ‘kedermawanan’ ala Robin Hood.
Pencuri tetaplah pencuri.
Penting juga untuk disampaikan dalam kesempatan ini, agar segenap orang tua muslim untuk tidak menyuguhkan cerita-cerita yang bukan berasal dari Islam.
Hendaknya kita harus lebih selektif lagi dalam memilih cerita-cerita untuk anak-anak kita.
Jika asupan makanan untuk jasmani anak kita saja bisa selektif dalam memilihnya, maka apakah kita akan telantarkan asupan rohani anak kita dengan memberikan bacaan-bacaan yang bisa merusak kesehatan aqidah anak kita?
Padahal Allah subhanahu wa ta’ala befirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka”. 
(At-Tahrim: 6)
Semoga sajian ini bermanfaat.
Wallahu a’lam bish shawaab.
➖➖➖
💐 Wa Sedikit Faidah Saja (SFS)

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,42,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,232,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,451,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,16,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Cerita Robin Hood Si Pencuri
Cerita Robin Hood Si Pencuri
Terdoktrinnya pemahaman bahwa bolehnya melakukan kemaksiatan dengan tujuan kebaikan.
http://1.bp.blogspot.com/-orQtetDKmM8/Vl-hbHh3buI/AAAAAAAAF0U/p1Eo-7YzI_M/s320/cerita-robin-hood.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-orQtetDKmM8/Vl-hbHh3buI/AAAAAAAAF0U/p1Eo-7YzI_M/s72-c/cerita-robin-hood.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/12/cerita-robin-hood-si-pencuri.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/12/cerita-robin-hood-si-pencuri.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy