Faedah Dauroh Syar'iyyah Birmingham Inggris 1437H

SHARE:

Faedah Syaikh Rabi' dan Syaikh Ubaid DAUROH SYAR'IYYAH DI BIRMINGHAM BRITANIA, JUM'AT 23/11/1437 HIJRIYYAH

TRANSKIP KALIMAT SYAIKH ROBI' BIN HADY AL MADKHOLY حفظه الله PADA DAUROH SYAR'IYYAH DI BIRMINGHAM BRITANIA PADA HARI JUM'AT 23/11/1437 HIJRIYYAH

DAUROH SYAR'IYYAH DI BIRMINGHAM BRITANIA PADA HARI JUM'AT 23/11/1437 HIJRIYYAH

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم.
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين.

🔸Telah membuatku senang perkumpulan yang baik lagi diberkahi ini di atas manhaj salafus sholih yang tegak di atas kitabullah dan sunnah rosulullah صلى اللّٰه عليه وسلم.

🔹Dan sesungguhnya aku mewasiatkan untuk bertakwa kepada Allah dan mengikhlaskan setiap ucapan dan amalan kepada Allah serta berpegang teguh dengan tali Allah baik kitabullah maupun sunnah.

🔹Dan aku wasiatkan untuk menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan romadhon dan haji serta syiar-syiar islam lainnya.

🔸Dan aku wasiatkan untuk berdakwah di jalan Allah, berdakwah kepada tauhid, kepada sunnah dan kepada manhaj salafus sholih.

🔹Aku meminta kepada Allah agar mengokohkan kita di atas manhaj tersebut dan memberikan taufiq kepada kita sesungguhnya Robb kita maha mendengar doa.

وصلى اللّٰه وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.


📝تفريغ لكلمة افتتاحية للعلامة ربيع المدخلي -حفظه الله ورعاه- لدورة شرح عقيدة الرازيين، للشيخ خالد الظفيري -وفقه الله- في المكتبة السلفية في بربنجهام، مساء الجمعة 1437/11/23 هجري.
كتبه خيرالرحيم بن أبي سالم المادوري الإندونيسي وفقه اللّٰه.

بسم اللّٰه الرحمن الرحيم.
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين.

فيسرني هذا الإجتماع الطيب المبارك على منهج السلف الصالح القائم على كتاب اللّٰه وعلى سنة رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم.
وإني أوصيهم أولا بتقوى اللّٰه تبارك وتعالى والإخلاص لله في كل قول وعمل والإعتصام بحبل اللّٰه عز وجل كتابا وسنة
وأوصيهم بإقامة الصلاة و إيتاء الزكاة وصيام رمضان والحج وغيرها من شعائر الإسلام.
وأوصيهم بالدعوة إلى اللّٰه وإلى التوحيد وإلى السنة وإلى منهج السلف الصالح.
أسأل اللّٰه أن يثبتنا على ذلك وأن يوفقنا له إن ربنا لسميع الدعاء.

وصلى اللّٰه وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.

telegram.me/dinulqoyyim


TRANSKIP KALIMAT SYAIKH 'UBAID AL JABIRY حفظه اللّٰه PADA DAUROH SYAR'IYYAH DI MAKTABAH SALAFIYYAH BIRMINGHAM BRITANIA


الحمد لله وصلى اللّٰه وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه.
أما بعد :

Pembicaraanku dengan kalian wahai anak-anakku di masjid maktabah salafiyyah di Birmingham ialah seputar sabda nabi صلى اللّٰه عليه والسلم :

((من يرد اللّٰه به خيرا يفقهه في الدين))

"Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Allah akan memahamkannya dalam hal agamanya".

Dan makna "يفقهه في الدين " yaitu Allah jadikan ia di atas bashiroh(ilmu) sehingga ia mengetahui bahwa apa yang ia lakukan merupakan sesuatu yang diperintahkan dan apa yang ia tinggalkan merupakan sesuatu yang dilarang berdasarkan kitab atau sunnah atau keduanya.

Dan ketahuilah barokallahu fiikum bahwa Al fiqhu fiddin ada tiga bab :

1⃣Yang pertama : Fiqh ushuluddin yaitu memahami i'tiqod (keyakinan) yang benar yang dibawa oleh para nabi dan rosul semenjak Nuh rosul pertama hingga Muhammad rosul terakhir صلى اللّٰه وسلم عليهم أجمعين.

Dan dalam hal ini terdapat ayat yang banyak diantaranya firman Allah Ta'ala :

((وما أرسلنا من قبلك من رسول ولا نبي إلا نوحي إليه أنه لا إله إلا أنا فاعبدون))

"Tidaklah kami utus rosul dan nabi sebelummu melainkan kami wahyukan kepadanya bahwa tidak ada sesembahan yang benar melainkan Aku maka beribadahlah kepadaKu".

2⃣Yang kedua : Fiqh ibadah amaliah seperti sholat, puasa romadhon, haji dan ini menuntut kita untuk mengilmuinya.

Dan ilmu menurut kaum muslimin ialah ilmu syar'i dan definisi ilmu syar'i ialah memahami kitab dan sunnah shohihah serta membenarkan berita-berita nabi صلى اللّٰه عليه وسلم.

Allah Ta'ala berfirman menjelaskan keutamaan ilmu syar'i dan ulama' syariat :

((شهد اللّٰه أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولو العلم قائما بالقسط لا إله إلا هو العزيز الحكيم))

"Allah bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar melainkan Dia demikian pula para malaikat dan para ulama bersaksi atas keesaan Allah dalam uluhiyyahNya".

Allah menjadikan saksi atas keesaanNya berupa tiga saksi :

Yang pertama : Allah sendiri dikarenakan Dia maha mengetahui tentang diriNya dan tentang makhlukNya daripada selainNya dan ini mengharuskan kita untuk senantiasa muroqobah (merasa diawasi) olehNya dikarenakan Dialah yang mencatat amalan-amalan kita semuanya yang kecil maupun yang besar lalu membalas masing-masing orang sesuai amalannya. Allah Ta'ala berfirman :

((ولله ما في السماوات وما في الأرض ليجزي الذين أساءوا بما عملوا ويجزي الذين أحسنوا بالحسنى))

"Allah pemilik apa yang ada di langit dan di bumi agar Allah membalas orang-orang yang berbuat jelek sesuai dengan kadar amalannya dan membalas orang-orang yang berbuat baik dengan Al husna".

Kalian telah mendengarkan wahai para penuntut ilmu laki-laki dan penuntut ilmu perempuan maka persiapkanlah bekal menghadapi hari tersebut yaitu hari kiamat hari yang mana Allah mengumpulkan semua makhluk di Mahsyar.

Maka orang yang bahagia ialah orang yang bertemu Allah dengan membawa ketakwaan, keikhlasan dan petunjuk dan berada di atas islam dan sunnah.

Bab ketiga : Muamalat yaitu tentang fiqh jual beli dan selainnya.

Dan kesimpulan bab ini ialah bahwa halal ialah sesuatu yang Allah dan rosulNya menghalalkannya dan harom ialah sesuatu yang Allah dan rosulNya mengharamkannya.

Maka sesuatu ada tiga macam :
1. Mubah yang murni.
2. Harom.
3. Syubuhat.

Maka wajib bagi seorang hamba untuk tidak mengharomkan dan menghalalkan dengan hawa nafsunya namun hal itu dikembalikan kepada Allah dan rosulNya صلى اللّٰه عليه وسلم dan apa-apa yang tidak ada nash(dalil) padanya tentang keharoman dan kehalalannya maka itu sesuatu yang dimaafkan oleh Allah Ta'ala.

Dan saya ucapkan : Hayyakumullah wahai anak-anakku, hak kalian atas kami sungguh besar namun ini yang aku mampui sekarang.

وصلى اللّٰه وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته.

📡Link suara : http://miraath.net/sounddownload.php?id=3480

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,278,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,49,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Faedah Dauroh Syar'iyyah Birmingham Inggris 1437H
Faedah Dauroh Syar'iyyah Birmingham Inggris 1437H
Faedah Syaikh Rabi' dan Syaikh Ubaid DAUROH SYAR'IYYAH DI BIRMINGHAM BRITANIA, JUM'AT 23/11/1437 HIJRIYYAH
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT_pK7hawvu3exkYFct8tz4wyjiI3I7LjH10AKM5vYWbkAFcGDn8qepFYMOj9hoDDTN4p-pn-X6XWtPWAjTkdAGPtrtFTCy_y7h9qKFLNgZpfjMRd-fKFzOOAAmsq35wMs_vBOleGByXcR/s320/pencil.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT_pK7hawvu3exkYFct8tz4wyjiI3I7LjH10AKM5vYWbkAFcGDn8qepFYMOj9hoDDTN4p-pn-X6XWtPWAjTkdAGPtrtFTCy_y7h9qKFLNgZpfjMRd-fKFzOOAAmsq35wMs_vBOleGByXcR/s72-c/pencil.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/08/faedah-dauroh-syariyyah-birmingham-inggris.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/08/faedah-dauroh-syariyyah-birmingham-inggris.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy