Wasiat Syaikh Khalid Azh Zhafiri Bagi Penuntut Ilmu

SHARE:

NASEHAT & WASIAT UNTUK PARA PENUNTUT 'ILMU Oleh: Asy-Syaikh Khalid bin Dhahwi Azh Zhafiri hafidzahullah

NASEHAT & WASIAT UNTUK PARA PENUNTUT 'ILMU

Oleh: Asy-Syaikh Khalid bin Dhahwi Azh Zhafiri hafidzahullah

NASEHAT & WASIAT UNTUK PARA PENUNTUT 'ILMU

Disampaikan* pada Penutup Dars Kitab Al-Qoulus Sadiid di Masjid Ma'had Al-Anshar, Yogyakarta | Dzulqa'dah 1437 H/ Agustus 2016

1. Bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bersungguh-sungguh serta bersemangat dalam menuntut ilmu.

Ilmu tidak sekedar dipelajari ketika dauroh saja. Ilmu butuh kepada muroja'ah (mengulang), dirosah (mempelajari), dan kitabah (menulis).

Ilmu butuh kepada menghadiri berbagai halaqoh dan sabar serta memanfaatkan seluruh waktu yang dimiliki.

'Ilmu itu jika kamu berikan seluruh waktumu untuknya, ia akan memberimu sebahagian saja.''_

Sebagaimana ungkapan,

تتعلم من المحبرة الى المقبرة

"Belajar sejak dari buaian sampai ke kuburan (datangnya ajal).''_

2. Lemahnya penguasaan Bahasa Arab kalian sehingga kalian butuh usaha yang lebih dan lebih banyak untuk mempelajarinya.

Jadikan percakapan antara kalian di lingkungan dan pondok-pondok dengan berbahasa Arab sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Bahasa Arab adalah modal ilmu yang tidak akan bisa membaca dan mempelajari ilmu syar'i tanpanya.

Namun demikian janganlah pelajaran Bahasa Arab tersebut melalaikan dari mempelajari ilmu tauhid, akidah, fikih, tafsir dll. Baca ilmu tentang itu semua dengan terus mempelajari bahasa Arab.

3. Tidaklah ilmu dan kitab para Salaf sampai kepada kita kecuali dengan semangat dalam menuntut ilmu. Bahkan mereka hampir tidak meluangkan waktu untuk makan.

Sebagaimana kisah Ibnu Abi Hatim yang membeli seekor ikan namun tidak sempat memasaknya karena sibuk menuntut ilmu sampai berlalu tiga hari. Akhirnya mereka memakan ikan tersebut mentah-mentah..

Dengan meluangkan waktu sepenuhnya untuk ilmu maka seseorang akan meraih kedudukan dan martabat.

Namun disayangkan didapati sebahagian penuntut ilmu yang berpuas diri dengan apa yang telah ia raih. Semangatnya melemah dalam menghadiri durus, talaqqi,...seakan-akan ia telah merasa cukup dan sudah mendapatkan ghanimah sehingga tidak menginginkan tambahan ilmu.

Padahal kebalikannya, seseorang yang sudah meluas ilmunya dan menceburkan diri dalam lautan ilmu semakin merasa bahwa dirinya jahil. Dan ia menyadari bahwa tidak ada yang bisa menghapus kejahilannya itu kecuali dengan menuntut ilmu.

4. Hendaknya kalian bersatu di atas Sunnah dan Manhaj Salafus Shalih dan tidak berpecah-belah serta saling menasihati dan mengasihi satu dengan lainnya dan hikmah dalam berdakwah.

Saling berkunjung satu dengan lainnya. Dengan bersatu menjadi sebab dakwah akan kokoh, tersebar tauhid dan sunnah.

5. Berakhlak dan bermuamalah yang baik dengan manusia, bersabar dan hikmah. Hal itu adalah salahsatu media terbaik untuk mendakwahkan tauhid.

Jangan sampai akhlakmu yang jelek menjadikan orang lari dari dakwah tauhid. (Sejarah membuktikan) bahwa tersebarnya dakwah Islam di negeri ini diantaranya karena muamalah dan akhlak yang baik dari kaum muslimin pendatang di negeri ini.

6. Selalu berhubungan dan terikat dengan Ulama Kibar yang mereka terkenal memahami sunnah, Manhaj yang lurus dan akidah yang shahihah


Semisal Asy-Syaikh Ibnu Baaz, Asy-Syaikh Al-'Utsaimin, Asy-Syaikh al-Albaniy, Asy-Syaikh al-Luhaidan, Asy-Syaikh Robi', Asy-Syaikh 'Ubaid, Syaikh Muhammad bin Hadi dan dari para Ulama Ahlussunnah yang  lainnya.

Jangan mengambil ilmu dari juhala, Ahlul ahwa` wal Bid'ah. Tekad kita seluruhnya untuk mengambil ilmu hanya dari Ulama Sunnah Salafy..




)* Ket: Diterjemahkan secara ringkas.

Durasi 06:25 (1,98 MB)
__________________
🔍 مجموعــــــة توزيع الفــــوائد
💾 Channel Telegram:
👉🏽 tlgrm.me/ForumBerbagiFaidah [FBF]
🏀 www.alfawaaid.net

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,278,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,49,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Wasiat Syaikh Khalid Azh Zhafiri Bagi Penuntut Ilmu
Wasiat Syaikh Khalid Azh Zhafiri Bagi Penuntut Ilmu
NASEHAT & WASIAT UNTUK PARA PENUNTUT 'ILMU Oleh: Asy-Syaikh Khalid bin Dhahwi Azh Zhafiri hafidzahullah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNLGyZMeQ3CKoGCGn30QXf3WXCvZBXbSwCimHMd8kQsAoyA3WwS4t75bYOmfbLTALu8lXHwJzlkV7pEy4iKuGLOW3pgOHRe9n0CcBjSQXWdTgAaTai1AKsTINNh5moOotU9oGyWNP4Z7QA/s320/pen.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNLGyZMeQ3CKoGCGn30QXf3WXCvZBXbSwCimHMd8kQsAoyA3WwS4t75bYOmfbLTALu8lXHwJzlkV7pEy4iKuGLOW3pgOHRe9n0CcBjSQXWdTgAaTai1AKsTINNh5moOotU9oGyWNP4Z7QA/s72-c/pen.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/08/wasiat-syaikh-khalid-azh-zhafiri-bagi-penuntut-ilmu.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/08/wasiat-syaikh-khalid-azh-zhafiri-bagi-penuntut-ilmu.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy