FOTO dan TELEVISI HARAM, KENAPA?

SHARE:

Gambar Polaris/Fotografi bukanlah semata-semata pantulan gambar orang yang berdiri di depan cermin, karena

FOTO dan TELEVISI HARAM, KENAPA? 

(NB. Mohon dalam hal ini, kita kedepankan sikap ilmiah berdasarkan Quran dan Sunnah, semoga Allah memberikan taufik bagi kita semua)












Berikut petikan Fatwa al-Lajnah ad-Da'imah li al-Buhuts al-'Ilmiah wa al-Iftaa'. Fatwa no. 4513


Gambar Polaris/Fotografi bukanlah semata-semata pantulan gambar orang yang berdiri di depan cermin, karena bayangan di cermin itu hanya khayal yang akan hilang dengan beralihnya orang tersebut dari depan cermin.

Sementara Foto Polaris/Fotografi tetap ada meskipun orangnya telah pergi dari hadapan alat gambar (kamera).


Foto tersebut yang membahayakan aqidah, keindahannya akan membahayakan akhlak. Walaupun kadang-kadang ada manfaatnya apabila digunakan untuk hal-halnyang darurat, seperti untuk paspor, KTP, atau kartu izin tinggal, SIM, dll.

Foto polaris/fotografi tidaklah semata-mata cetakan, namun dibuat menggunakan alat yang darinya muncul cetakan.

Kemudian, larangan gambar itu bersifat umum, karena padanya :

MENYERUPAI CIPTAAN ALLAH, dan

Bahaya terhadap aqidah dan akhlak.

Tanpa melihat pada alat dan cara mendapatkan gambar tersebut.

Adapun Televisi, HARAM HUKUMNYA siaran yang terdapat di dalamnya, berupa :

Nyanyian,

Musik,

Gambar (Film), dan

Menampilkan Gambar,

dan berbagai KEMUNGKARAN LAINNYA.

MUBAH HUKUMNYA siaran yang ada padanya berupa muhadharah (ceramah) Islamiyyah, info-info perdagangan dan politik, serta lainnya yang tidak ada larangan syar'i padanya [tentunya tayangan-tayangan ini semua — termasuk ceramahnya — tanpa gambar/film makhluk bernyawa, karena jika ada gambar makhluk bernyawa berarti ada kemungkaran padanya, pen]

Apabila kejelekannya LEBIH MENDOMINASI daripada kebaikannya, maka hukum diberikan berdasarkan yang dominan.

[Fakta yang ada, pada channel-channel televisi yang ada — termasuk di negeri ini —, kejelekan dan kemungkarannya LEBIH DOMINAN, pen].

Wabillah at-Taufiq

Washalallahu 'ala Nabiyyina Muhammad, wa Aalihi wa Shahbihi wa Sallam

وليس التصوير الشمسي كارتسام صورة من وقف أمام المرآة فيها، فإنها خيال يزول بانصراف الشخص عن المرآة والصور الشمسية ثابتة بعد انصراف الشخص عن آلة التصوير يفتتن بها في العقيدة وبجمالها في الأخلاق وينتفع بها فيما تقضي به الضرورة أحيانًا من وضعها في جواز السفر أو دفتر التابعية أو بطاقة الإِقامة أو رخصة قيادة السيارات مثلاً.


وليس التصوير الشمسي مجرد انطباع، بل عمل بآلة ينشأ عنه الانطباع فهو مضاهاة لخلق الله بهذه الصناعة الآلية. ثم النهي عن التصوير عام؛ لما فيه من مضاهاة خلق الله والخطر على العقيدة والأخلاق دون نظر إلى الآلة والطريقة التي يكون بها التصوير.أما التليفزيون، فيحرم ما فيه من غناء وموسيقى وتصوير وعرض صور ونحو ذلك من المنكرات، ويباح ما فيه من محاضرات إسلامية ونشرات تجارية أو سياسية ونحو ذلك مما لم يرد في الشرع منعه، وإذا غلب شره على خيره كان الحكم للغالب.وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

http://www.alifta.net/Fatawa/fatawaDetails.aspx?BookID=3&View=Page&PageNo=1&PageID=369

Majmu'ah Manhajul Anbiya

••••••••••••••••••••••

HUKUM MELETAKKAN TELEVISI DI DALAM RUMAH

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah

Tanya : "Apa pendapat Anda tentang meletakkan/menyimpan Televisi?"

Jawab :

"Yang aku nasehatkan kepada saudara-saudaraku-saudaraku adalah agar TIDAK meletakkan/menyimpan televisi secara mutlak dengan alasan apapun.

Karena pada masa sekarang ini KEJELEKAN televisi LEBIH BANYAK daripada kebaikannya.

Tanya : "Sebagian orang beralasan, dia meletakkan/menyimpan televisi karena untuk mendengar berita-berita saja? "

Jawab :

"Seorang yang berakal TIDAK sepantasnya menyimpan/meletakkan televisi dalam rumahnya, walaupun sekedar untuk mendengar berita-berita saja.

Karena jika televisi itu ada di rumahnya, dia pasti tidak hanya mencukupkan pada berita-berita saja. Tapi dia akan melihat berita dan selain berita."

Lihat teks arabnya di sini :

:clipboard:https://m.box.com/shared_item/https%3A%2F%2Fwww.box.com%2Fs%2Fhwbsexmxbhxr1tzotu0u
sumber

http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=52653

Majmu'ah Manhajul Anbiya


BELI TELEVISI dan DITARUH DALAM RUMAH, BOLEHKAH?

---------------

Tanya : "Bolehkah saya membeli televisi dan saya masukkan ke dalam rumah, kemudian aku melihat dan mendengarkan semua acara, adegan, dan permainan yang ada padanya? Dan bolehkah saya membeli dan mendengarkan audio-audio lagu, ataukah itu tidak boleh baik di waktu shalat maupun yang lainnya?"

Jawab :

"Mayoritas yang disiarkan di televisi adalah hal-hal tak berguna dan kejelekan. Semua yang kejelekannya lebih mendominasi dibanding kebaikannya maka HARAM atas seorang muslim untuk membeli dan menyimpannya, haram juga melihat dan mendengarkannya.

Hukum yang sama berlaku untuk audio-audio lagu/nyanyian."

Wa billahi at-Taufiq, wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Aalihi wa Shahbihi wa sallam.
al-Lajnah ad-Da'imah li al-Buhuts al-'Ilmiah wa al-Iftaa'

Fatwa no 2742.


❓ س:هل يجوز أن أشتري التلفزيون وأدخله بيتي وأنظر إليه، وأستمع لجميع ما فيه من التماثيل والألعاب، وهل يجوز اشتراء المسجلات واستماع ما فيها من الأغاني أو لا يجوز ذلك لا في وقت الصلاة ولا في غيرها؟


📖 ج: غالب ما ينشر في التلفزيون ملاهي وشر، وكل ما يغلب شره خيره فحرام على المسلم اشتراؤه واقتناؤه والنظر والاستماع إليه، وكذا الحال في مسجلات الأغاني.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء


💻 http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaDetails.aspx?IndexItemID=65987&SecItemHitID=72353&ind=22&Type=Index2&MarkIndex=25&View=Page&PageID=4594&PageNo=1&BookID=3&languagename=

🌠📝📡 Majmu'ah Manhajul Anbiya

KOMENTAR

BLOGGER: 2
  1. Bismillah
    adapun pembahasan mengenai gambar ana ingin bertanya apa hukumnya jika menyimpan gambar mahluk bernyawa di galeri hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk keperluan apa akh?
      Sama saja, tidak boleh.. Barakallahu fikum

      Hapus

Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,70,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,623,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,106,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: FOTO dan TELEVISI HARAM, KENAPA?
FOTO dan TELEVISI HARAM, KENAPA?
Gambar Polaris/Fotografi bukanlah semata-semata pantulan gambar orang yang berdiri di depan cermin, karena
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0ZgolMftwv1fqe6Yg7vkIvBYPojc0BK_ZteBBd0WKOKAqfvdqjP3oCBEpCFukNC0u_uPoQFfhSVZP9gI1_D6_C0vZWewkuSrh7O5TD73XBoYFiduDULnhZDHcY5c3bBqFNmDk7F3sQ2Fv/s320/hukum+tv.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0ZgolMftwv1fqe6Yg7vkIvBYPojc0BK_ZteBBd0WKOKAqfvdqjP3oCBEpCFukNC0u_uPoQFfhSVZP9gI1_D6_C0vZWewkuSrh7O5TD73XBoYFiduDULnhZDHcY5c3bBqFNmDk7F3sQ2Fv/s72-c/hukum+tv.gif
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/11/foto-dan-televisi-haram-kenapa.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/11/foto-dan-televisi-haram-kenapa.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy