Kenikmatan Yang Akan Didapatkan Wanita di Dalam Surga

SHARE:

Apa yang akan didapatkan oleh wanita di dalam surga?

SEDIKIT FAEDAH TENTANG KENIKMATAN YANG AKAN DIRASAKAN KAUM WANITA DI DALAM SURGA

Kenikmatan Yang Akan Didapatkan Wanita di Dalam Surga


Kaum beriman pastinya memiliki rindu dan keinginan kuat untuk masuk ke dalam surga. Bagaimana tidak sedang di surga nanti segala penat, letih, dan berbagai kedukaan akan sirna seluruhnya. 

 وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ ۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ • الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ 

"Dan mereka berkata, 'Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya. Di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.'." QS. Fathir: 34-35

Di sini kita akan berbicara sedikit secara khusus tentang nikmat surga yang diperuntukkan bagi kaum wanita. Pada Allah saja kita mohon petunjuk.

✅ NIKMAT SURGA BAGI LAKI-LAKI DAN PARA WANITA DI SURGA SAMA SELURUHNYA 

Berbagai macam makanan nan lezat, minuman yang nikmat, pakaian-pakaian indah, perhiasan, berbagai pemandangan menakjubkan, serta istana istana megah lagi mewah yang kesemuanya tak mungkin terlukiskan dengan kalimat atau terbayangkan dalam benak manusia keseluruhannya diberikan Allah untuk semua yang masuk ke dalam surga, baik laki-laki atau wanita. 

وَمَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ يُرْزَقُونَ فِيهَا بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Dan barang siapa mengerjakan amal shalih baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki (kenikmatan) di dalamnya tanpa batas." QS. Ghafir: 40

Al-Allamah Al-Utsaimin rahimahullah berkata saat menarik sejumlah faedah dari ayat ini, 

"Laki-laki tidak mendapat pahala (kenikmatan surga) lebih banyak dari wanita dan wanita juga tidak mendapatkan nikmat yang lebih banyak dari laki-laki." (Tafsir Surah Ghafir, hlm. 321)

Yang jadi pembeda satu dengan yang lain dalam hal jenis ialah tingkatan taqwa seseorang sewaktu di dunia. 

Bagi semua yang masuk surga baik laki-laki maupun wanita mereka dapatkan apapun dari segala yang mereka mau. 

وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ

"Di dalam surga kamu memperoleh semua yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa saja yang kamu minta." QS. Fushshilat: 31

Berkata Al-Allamah Al-Utsaimin rahimahullah, 

"Semua kenikmatan yang diinginkan manusia maka ada di surga. Semua nikmat yang dia cari maka tersedia di surga." (Syarah Riyadhus Shalihin, VI/723)

✅ BAGI MEREKA YANG MASUK SURGA ISTRI ISTRI YANG CANTIK JELITA

Untuk para lelaki yang beriman, Allah mempersiapkan wanita wanita cantik jelita di dalam surga yang Dia ciptakan sebagai pasangan bagi mereka dan bagian dari beragam kenikmatan surga lainnya. 

إِنَّا أَنشَأْنَاهُنَّ إِنشَاءً • فَجَعَلْنَاهُنَّ أَبْكَارًا • عُرُبًا أَتْرَابًا • لِّأَصْحَابِ الْيَمِينِ 

"Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. Penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan." QS. Al-Waqi'ah: 35-38

Perincian tentang sifat wanita surga banyak tersebar dalam Al-Qur'an dan hadits-hadits Rasulullah ﷺ. 

✅ BAGAIMANA DENGAN WANITA? 

Tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa Allah menciptakan laki-laki surga untuk wanita beriman yang masuk surga seperti halnya Allah ciptakan bidadari untuk laki-laki beriman. Dan layak diingat bahwa, 

لَا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ

"Allah tidak ditanya tentang apa yang Dia lakukan tapi merekalah (makhluk) yang akan ditanyai (tentang perbuatan mereka)." QS. Al-Anbiya': 23

Dan bukan maknanya bahwa wanita yang tidak mempunyai pasangan di dunia berarti juga tidak mendapatkan pasangan hidup di surga. Bahkan mereka para wanita akan mendapatkan pasangan terbaik dari kalangan manusia. 

Al-Allamah Al-Utsaimin rahimahullah mengatakan, 

وإذا لم تتزوج في الدنيا فإن الله - تعالى - يزوجها ما تقر به عينها في الجنة، فالنعيم في الجنة ليس مقصورا على الذكور، وإنما هو للذكور والإناث، ومن جملة النعيم الزواج.

"Apabila seorang wanita dia belum menikah saat di dunia maka Allah ta'ala akan menikahkan dia di surga dengan laki-laki yang akan membuat sejuk matanya. Karena nikmat surga tidak terbatas untuk laki-laki bahkan untuk laki-laki dan wanita. Dan termasuk nikmat surga ialah memiliki pasangan." (Majmu' Fatawa wa Rasa'il, II/53)

Hal ini juga yang akan didapat oleh seorang wanita yang suaminya -wal 'iyaadzu billah- masuk neraka, jika dia ingin maka Allah akan berikan padanya suami yang pasti membuat hatinya puas dan lapang (Baca: Majmu' Fatawa wa Rasa'il, II/52).

Baca : Kisah Pemuda Perindu Surga

✅ BERSAMA SIAPA SEORANG WANITA YANG BERSUAMI KELAK DI DALAM SURGA

Seorang wanita ahli jannah yang bersuami dalam konteks suaminya juga masuk surga memiliki TIGA KEADAAN:

1. Dia meninggal dunia lebih dulu dari suaminya 

2. Suaminya meninggal lebih dulu lalu dia tidak menikah lagi

Pada dua keadaan di atas maka dia akan menjadi istri dari suaminya tersebut.  

Asy-Syaikh Muhammad Al-Utsaimin rahimahullah berkata, 

إذا مات رجل وزوجته وكانا من أهل الجنة فإنها تبقى زوجةً له، قال الله تعالى: رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدتَّهُمْ وَمَن صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

"Bila seorang lelaki dan istrinya meninggal dunia dan keduanya termasuk penduduk surga maka wanita tersebut tetap akan menjadi istrinya. Allah ta'ala berfirman (menyebutkan doa Para Malaikat),

"Wahai Rabb kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang shalih di antara bapak bapak mereka, istri istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." QS. Ghafir: 8 (Fatawa Nuur 'alad Darb, I/285)

3. Suaminya meninggal lebih dulu lalu dia menikah lagi

Jika kedua orang yang pernah jadi suaminya tersebut keduanya masuk surga, maka dia akan menjadi istri bagi suami terakhirnya. Berdasarkan hadits, 

المرأةُ لآخِرِ أزْواجِها

"Wanita milik suaminya yang terakhir." -SHAHIH- (Shahih al-Jami', 6691) HR. Ath-Thabrani (Al-Aushath, 3130)

✅ HIKMAH TIDAK DISEBUTKANNYA JANJI BERUPA PASANGAN BAGI PARA WANITA DI SURGA

Pertama, laki-laki sifatnya berusaha dan menempuh usaha nyata untuk mencari wanita sebagai pasangan berbeda dengan wanita yang sifatnya menunggu. 

Al-Allamah Al-Utsaimin berkata, 

إنما ذكر الزوجات للأزواج؛ لأن الزوج هو الطالب، وهو الراغب في المرأة؛ فلذلك ذكرت الزوجات للرجال في الجنة، وسكت عن الأزواج للنساء، ولكن ليس مقتضى ذلك أنه ليس لهن أزواج، بل لهن أزواج من بني آدم.

"Disebutkannya 'Istri istri untuk para lelaki' karena (lelaki) suami adalah yang mencari dan menginginkan wanita. Oleh sebab itu disebutkan 'istri istri untuk para lelaki di surga' namun tidak diterangkan tentang suami bagi para wanita (di surga). Ini bukan berarti para wanita tidak memiliki suami. Bahkan mereka akan mendapatkan suami juga dari kalangan manusia (saat di surga)." (Majmu' Fatawa wa Rasa'il, II/53)

Oleh karena itu sesuai tentunya bila yang dijanjikan wanita surga ialah para lelaki bukan wanita dijanjikan lelaki. 

Kedua, keinginan laki-laki kepada wanita tidak sama dengan keinginan wanita pada laki-laki. Simak sabda Nabi Muhammad ﷺ ini, 

ما رأَيْتُ مِن ناقصاتِ عقلٍ ودِينٍ أذهَبَ لِلُبِّ الرَّجُلِ الحازمِ مِن إحداكنَّ يا معشرَ النِّساءِ 

“Tidak pernah aku melihat orang yang kurang akal dan agamanya, namun mampu menghilangkan keteguhan lelaki yang teguh, melebihi kalian wahai para wanita." HR. Al-Bukhari (1462) dan Muslim (80)

Sedang wanita, hasrat mereka terhadap perhiasan maupun pakaian lebih besar daripada keinginannya kepada suami, bukan maknanya tidak menginginkan suami, tapi dari tinjauan hal yang lebih diprioritaskan wanita. 

Karena perhiasan sangat lekat berkaitan dengan para wanita seperti yang Allah sebutkan dalam Al-Qur'an (QS. Az-Zukhruf: 18).  

Al-Hafizh Ibnu Katsir menerangkan,

المرأة ناقصة يكمل نقصها بلبس الحلي منذ تكون طفلة

"Wanita ialah makhluk yang kurang dan akan jadi tertutupi kekurangan tersebut dengan mengenakan perhiasan semenjak ia kecil." (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim pada surah Az-Zukhruf) 

✅ ANTARA KECANTIKAN WANITA SURGA (BIDADARI) DENGAN WANITA TURUNAN NABI ADAM (MANUSIA)

Al-Allamah Muhammad Al-Utsaimin rahimahullah berkata, 

المرأة الصالحة في الدنيا تكون خيراً من الحور العين في الآخرة ، وأطيب وأرغب لزوجها 

"Wanita yang shalihah di dunia akan jadi lebih baik daripada bidadari di akhirat kelak, lebih cantik, dan lebih dicintai oleh suaminya." (Fatawa Nuur 'alad Darb, I/285)

Beliau ditanya kembali,

فضيلة الشيخ : هل الأوصاف التي ذكرت للحور العين تشمل نساء الدنيا في القرآن؟

Apakah sifat sifat yang dimiliki oleh bidadari seperti yang disebut dalam Al-Qur'an juga akan dimiliki oleh wanita dunia (kelak di surga)? 

Maka beliau Asy-Syaikh Al-Utsaimin berkata, 

الذي يظهر لي أن نساء الدنيا يكُن خيراً من الحور العين حتى في الصفات الظاهرة . والله أعلم 

"Yang tampak bagiku bahwa wanita wanita dunia lebih unggul daripada bidadari sampai pada urusan fisiknya sekalipun." (Fatawa Nuur 'alad Darb, I/285)

Ini yang dapat dihimpun, semoga bermanfaat. 

Baca : Wanita Beriman Lebih Baik dari Bidadari

✍️ -- Jalur Masjid Agung @ Kota Raja

-- Hari Ahadi, (07:00) 07 Rabi'ul Awal 1441 / 04 November 2019

_________________

▶️ Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.

📡 https://t.me/nasehatetam
🖥 www.nasehatetam.net

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,162,Akhirat,17,Akhwat,103,Aqidah,263,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,2,Audio,45,Bantahan,109,Bid'ah,54,Biografi,61,Cerita,41,Cinta,8,Dakwah,23,Doa Dzikir,42,Ebook,9,Fadhilah,63,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,291,Ghaib,14,Hadits,144,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,85,Inspiratif,36,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,133,Keluarga,164,Khawarij,22,Khutbah,4,Kisah,187,Kitab,1,Kontemporer,134,Manhaj,159,Muamalah,40,Nabi,10,Nasehat,459,Poster,7,Puasa,52,Qurban,20,Ramadhan,45,Rekaman,2,Remaja,118,Renungan,33,Ringkasan,97,Sahabat,46,Sehat,26,Sejarah,30,Serial,3,Shalat,131,Syiah,28,Syirik,7,Tafsir,34,Tanya Jawab,524,Tauhid,33,Tazkiyatun Nafs,90,Teman,15,Thaharah,18,Thallabul Ilmi,102,Tweet Ulama,6,Ulama,48,Ustadz Menjawab,11,Video,12,Zakat,8,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kenikmatan Yang Akan Didapatkan Wanita di Dalam Surga
Kenikmatan Yang Akan Didapatkan Wanita di Dalam Surga
Apa yang akan didapatkan oleh wanita di dalam surga?
https://1.bp.blogspot.com/-UUPazktPD-k/X6lDi0PGvtI/AAAAAAAAQSU/u8ZZgAeXYRIQuQ8Sq3CpH5g8A1YLCNxSwCLcBGAsYHQ/s16000/wanita%2Bdi%2Bsurga.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UUPazktPD-k/X6lDi0PGvtI/AAAAAAAAQSU/u8ZZgAeXYRIQuQ8Sq3CpH5g8A1YLCNxSwCLcBGAsYHQ/s72-c/wanita%2Bdi%2Bsurga.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2020/11/kenikmatan-yang-akan-didapatkan-wanita-di-dalam-surga.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2020/11/kenikmatan-yang-akan-didapatkan-wanita-di-dalam-surga.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy