Peringatan dari Perbuatan Zalim

SHARE:

Bahaya Perbuatan dari Perbuatan Zalim, Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain.

 PERINGATAN DARI PERBUATAN ZALIM

peringatan-dari-perbuatan-zalim


وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا، فَلاَ تَظَالَمُوا

"Dan Aku menjadikan perbuatan zalim haram di antara kalian, maka janganlah kalian saling menzalimi." 

_________________________________________

▪️ Asy-Syaikh Shalih bin Abdil Aziz alu asy-Syaikh hafizhahullah berkata, 

"Kezaliman dengan seluruh jenisnya hukumnya haram. Perbuatan zalim bertingkat-tingkat, tersimpulkan dalam dua tingkatan:

Pertama, zalim kepada diri sendiri. 

Jenis ini ada dua,

1. Menzalimi diri sendiri dengan berbuat syirik. Ini juga bentuk zalim kepada hak Allah, sebab dia meletakkan ibadah tidak pada tempatnya, dia menyerahkan ibadah kepada pihak yang tidak berhak [yaitu makhluk]. Maka semua orang yang berbuat syirik berarti menzalimi dirinya sendiri. [Syirik termasuk perbuatan zalim ini ditunjukkan] seperti yang Allah firmankan, 

{الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُم بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُم مُّهْتَدُونَ} [الأنعام : 82]

"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-An'am: 82)

2. Menzalimi diri, yaitu dengan melakukan perbuatan yang haram, melalaikan perkara yang Allah wajibkan, dan tidak menunaikan hak-hak yang ada, intinya semua perbuatan yang membuat dirinya terancam dengan azab dan musibah, yang seharusnya itu tidak pantas baginya. Ini namanya menzalimi diri sendiri.

Sebab termasuk hak dirimu yang harus kamu tunaikan ialah membuatnya bahagia di dunia dan akhirat. Pada saat kamu menghadapkannya pada perbuatan maksiat, maka artinya kamu telah menzaliminya, sebab kamu tidak membuatnya jadi bahagia, tapi kamu membuatnya terancam dengan adzab Allah.

Kedua, menzalimi orang lain. 

Yaitu tidak menjalankan atau menelantarkan hak mereka. Dalam arti kamu tidak menunaikan hak mereka yang sudah Allah wajibkan (agar kamu tunaikan). 

Sehingga siapa yang tidak menjalankan hak kedua orang tuanya [seperti berbuat baik dan rendah hati kepada mereka], maka berarti dia telah menzalimi mereka.

Siapa yang tidak menjalankan hak keluarganya [dengan bersilaturahmi, misalnya] berarti dia telah berbuat zalim kepada mereka. Artinya dia tidak di atas petunjuk agama ketika bersama mereka, tidak menjalankan kewajibannya, maka dengan itu dia telah menzalimi mereka.

Orang yang bersikap melampaui batas terhadap harta orang-orang, kehormatan mereka, jiwa mereka, atau apapun yang itu merupakan kepemilikan mereka, maka berarti dia telah menzalimi manusia. Seluruh perbuatan zalim ini haram." (Syarah al-Arba'in, hlm. 346-347)

Menzalimi orang lain memiliki bahaya yang besar, seharusnya bagi seorang yang beriman untuk menjaga diri dari perbuatan zalim di antara bahaya perbuatan zalim ialah;

1️⃣ Orang yang zalim akan dipalingkan dari hidayah. Sehingga seringkali, kezaliman yang dilakukannya ialah sesuatu yang menurutnya tidak masalah. 

إِنَّ اللّهَ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ 

"Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Ma-idah: 51)

2️⃣ Orang yang terus dalam kezaliman tidak akan pernah beruntung selamanya. 

إِنَّهُ لاَ يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ 

"Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak mendapat keberuntungan." (Q.S. Al-An'am: 21)

Kalaupun dia berhasil dalam penghidupan dunia, maka itu hanyalah pancingan, istidraj dari Allah hingga membuatnya makin jauh. 

Rasulullah ﷺ mengabarkan, 

إذا رأيتَ اللهَ يُعطي العبدَ من الدنيا على مَعاصيه ما يُحِبُّ فإنما هو اسْتدراجٌ

"Jika kamu melihat, Allah memberikan dunia yang diinginkan oleh seseorang dalam kondisi orang itu banyak bermaksiat, maka sesungguhnya itu ialah istidraj." [SANADNYA KUAT (Ash-Shahihah, 412) H.R. Ahmad (17311)]

3️⃣ Akan diambil pahala amal kebaikannya untuk orang yang pernah dizaliminya. 

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ

"Siapa yang pernah berbuat zalim terhadap kehormatan saudaranya atau sesuatu apapun, hendaklah dia meminta maaf pada hari ini (di dunia) sebelum datang hari yang ketika itu tidak bermanfaat lagi dinar dan dirham, yang bila dia memiliki amal shalih, maka akan diambil darinya sebanyak kezalimannya. Apabila dia tidak memiliki pahala kebaikan lagi, maka keburukan saudaranya yang dizaliminya itu akan diambil lalu ditimpakan kepadanya." (H.R. Al-Bukhari, 2449)

4️⃣ Dekat atau berkumpul dengan orang-orang zalim atau meridhai perbuatan mereka dapat menyebabkan seseorang terkena azab. 

وَلَا تَرْكَنُوا إِلَى الَّذِينَ ظَلَمُوا فَتَمَسَّكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ مِنْ أَوْلِيَاءَ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ 

"Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolongpun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan." (Q.S. Hud: 113) 

Jika ini hukuman yang bisa didapat oleh orang yang condong, dekat, dengan orang yang zalim, lalu bagaimana dampak yang langsung dirasakan oleh orang yang zalim itu sendiri. 

4️⃣ Dekat atau berkumpul dengan orang-orang zalim atau meridhai perbuatan mereka dapat menyebabkan seseorang terkena azab. 

وَلَا تَرْكَنُوا إِلَى الَّذِينَ ظَلَمُوا فَتَمَسَّكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ مِنْ أَوْلِيَاءَ ثُمَّ لَا تُنصَرُونَ 

"Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolongpun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan." (Q.S. Hud: 113) 

Jika ini hukuman yang bisa didapat oleh orang yang condong, dekat, dengan orang yang zalim, lalu bagaimana dampak yang langsung dirasakan oleh orang yang zalim itu sendiri. 

✍️ -- Jalur Masjid Agung @ Kota Raja
-- Hari Ahadi [Penggalan pembahasan hadits 24 dari kitab Arba'in Nawawi]
_______________________________

▶️ Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.

•••
📡 https://t.me/nasehatetam 
🖥 www.nasehatetam.net

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,162,Akhirat,17,Akhwat,103,Aqidah,263,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,2,Audio,45,Bantahan,109,Bid'ah,54,Biografi,61,Cerita,41,Cinta,8,Dakwah,23,Doa Dzikir,42,Ebook,9,Fadhilah,63,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,291,Ghaib,14,Hadits,144,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,50,Info,85,Inspiratif,36,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,133,Keluarga,164,Khawarij,22,Khutbah,4,Kisah,187,Kitab,1,Kontemporer,134,Manhaj,159,Muamalah,40,Nabi,10,Nasehat,459,Poster,7,Puasa,52,Qurban,20,Ramadhan,45,Rekaman,2,Remaja,118,Renungan,33,Ringkasan,97,Sahabat,46,Sehat,26,Sejarah,30,Serial,3,Shalat,131,Syiah,28,Syirik,7,Tafsir,34,Tanya Jawab,524,Tauhid,33,Tazkiyatun Nafs,90,Teman,15,Thaharah,18,Thallabul Ilmi,102,Tweet Ulama,6,Ulama,48,Ustadz Menjawab,11,Video,12,Zakat,8,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Peringatan dari Perbuatan Zalim
Peringatan dari Perbuatan Zalim
Bahaya Perbuatan dari Perbuatan Zalim, Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain.
https://1.bp.blogspot.com/-ZMNAz380ngY/X59c5yQl_0I/AAAAAAAAQQw/Zq7Pxx3YSx46WCliy0XpfrDMM3xhFV6ZACLcBGAsYHQ/w320-h213/peringatan-dari-perbuatan-zalim.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZMNAz380ngY/X59c5yQl_0I/AAAAAAAAQQw/Zq7Pxx3YSx46WCliy0XpfrDMM3xhFV6ZACLcBGAsYHQ/s72-w320-c-h213/peringatan-dari-perbuatan-zalim.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2020/11/peringatan-dari-perbuatan-zalim.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2020/11/peringatan-dari-perbuatan-zalim.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy