Daftar / Kamus Kelompok Sesat

SHARE:

Daftar Istilah Kelompok-kelompok sesat yang patut anda ketahui.

KAMUS KELOMPOK SESAT


Asy Syeikh Zeid Bin Hadi Al Madkholi rohimahullah:

Al Hululiyyah: Kelompok yang mengatakan bahwa Allah dimana mana, Maha tinggi Allah dari apa yang mereka ucapkan.

Al Ittihadiyyah: kelompok yang menganut pemahaman wihdatul wujud yaitu tidak ada perbedaan antara Sang Pencipta Allah subahanahu wa ta'alaa dan makhlukNya, sebagaimana penyair mereka mengatakan: Tidaklah anjing dan babi itu kecuali keduanya ini adalah Tuhan kita, dan Allah itu adalah pendeta yang sedang didalam gerejanya.

Al Jahmiyyah: Kelompok yang mengingkari Nama Nama dan Sifat Sifat Allah, dan mereka mendustakan Nash Al Qur'an dan sunnah.

Al Qodariyyah: Pengingkar takdir Allah, yang mana mereka mengatakan bahwa Allah tidak menciptkan kebaikan dan kejelekan atau Allah menciptakan kebaikan dan tidak menciptakan kejelekan.

Ar Rofidhoh: Kelompok yang menyelisihi kaum muslimin pada semua aspek baik secara garis besar atau dengan terperinci.

Al jabriyyah: Mereka yang mengatakan bahwa seorang hamba dipaksa (mereka tidak punya keinginan/pilihan melakukan sesuatu,pent) untuk melakukan kebaikan dan keburukan, seperti pohon yang ditiup angin.

Al Murji'ah: mereka banyak kelompok, ada dari mereka yang mengatakan kema'siatan tidak mempengaruhi keimanan sebagaimana ketaatan tidak bermanfaat terhadap kekufuran, ada dari mereka yang mengatakan bahwa keimanan itu pengetahuan dengan hati saja, ada dari mereka yang mengatakan bahwa keimanan hanya ucapan lisan saja, ada dari mereka yang mengeluarkan amalan dari keimanan.

Al Mu'tazilah: Kaum yang mengatakan Al Qur'an itu makhluq, dan kekalnya ahli ma'siat dari kalangan ahli tauhid didalam neraka selama lamanya jika mereka mati dan tidak bertaubat.

Al Musyabbihah: Kelompok yang menyamakan Allah dengan makhluknya seperti kaum nasrani dan kelompok kelompok bid'ah yang menyamakan Allah dengan makhluknya, mereka menetapkan sifat sifat bagi Allah yang termasuk kekhususan makhluNya yang lemah.

Al 'Asyariyyah, Al Kullabiyyah, Al Maturidiyyah: Mereka orang orang yang banyak menyelisihi ahlus sunnah didalam Nama Nama dan Shifat Shifat bagi Allah, dan juga bab keimanan, dan dari yang lainnya dari bab bab ilmu.

Al Waqifah: Mereka yang mengatakan bahwa kami tidak mengatakan Al Qur'an itu makhluq dan juga bukan makhluq.

Al Bathiniyyah: Mereka kaum zindiq yang tidak beriman dengan hari kiamat dan hari pembalasan amalan manusia.

Al Qoromithoh: Pecahan kelompok Al Albathiniyyah.

Al Ilmaniyyah: kelompok yang memisahkan antara agama dengan kehidupan dunia, mereka menganggap yang seperti ini adalah menyesatkan manusia.

Al Masuniyyah: Sejelek jelek kelompok yang menjadi pembantu kaum yahudi.

Al Mufawwidhoh: Kelompok yang menyerahkan ma'na Sifat Sifat Allah kepada Allah, dan tafwidh ini sebagaimana kata syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah sejelek jelek bentuk Ilhad (didalam sifat Allah)

As Shufiyyah: Ada yang ekstrim sekali dan ada yang tidak ekstrem, yang ekstrem sekali adalah yang menganut pemahaman wihdatul wujud yaitu Allah tidak terpisah dengan makhlukNya, mereka ini pengikut Ibnu Arobi dan Ibnu Sab'in dan yang semisal dengan mereka.

Al Khowarij: kelompok yang mengkafirkan kaum muslimin dengan dosa besar walaupun dari kalangan ahli taihid, dan mereka menganggap pelaku dosa besar kekal didalam neraka jika matia diatasnya.

Al Qodiyaniyah: Pengikut Ghulam Ahmad, para zindiq dan pelaku kekufuran.


Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=138075
Telegram: https://bit.ly/Berbagiilmuagama
Alih bahasa: Abu Arifah Muhammad Bin Yahya Bahraisy

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,233,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,228,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,86,Cerita,64,Cinta,10,Dakwah,44,Doa Dzikir,66,Ebook,15,Fadhilah,71,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,341,Ghaib,16,Hadits,168,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,5,Ibadah,43,Info,80,Inspiratif,39,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,283,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,624,Poster,7,Puasa,53,Qurban,18,Ramadhan,51,Rekaman,2,Remaja,153,Renungan,94,Ringkasan,100,Sahabat,69,Sehat,26,Sejarah,52,Serial,3,Shalat,155,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,590,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,107,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,143,Tweet Ulama,6,Ulama,85,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,12,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Daftar / Kamus Kelompok Sesat
Daftar / Kamus Kelompok Sesat
Daftar Istilah Kelompok-kelompok sesat yang patut anda ketahui.
http://www.gosipgarut.com/read/media/files/2014/08/sesat.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/03/daftar-kamus-kelompok-sesat.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/03/daftar-kamus-kelompok-sesat.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy