Sekilas Tentang Adab Makan dan Minum

SHARE:

Ringkasan 10 Adab Makan dan Minum berdasakan sunnah Rasulullah.

SEKILAS TENTANG ADAB MAKAN DAN MINUM


Para pembaca rahimakumullah, pada kesempatan kali ini kami akan menynkebutkan beberapa adab seputar makan dan minum. Pembahasan akan kami tulis seringkas mungkin dan akan kami bagi menjadi dua bagian, agar kita tidak lelah atau jenuh ketika membacanya. Karena artikel yang panjang membuat pembaca menjadi jenuh atau tidak maksimal di dalam mengambil manfaat darinya.

Berikut adab-adab makan dan minum:

1. MEMBACA BASAMALAH

Membaca Basmallah ketika hendak makan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam berkata kepada Umar bin Abi Salamah, “Bacalah Bismillah...” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Lafazh Bacaannya
Lafazhnya cukup membaca BISMILLAH. Akan tetapi jika seseorang membacanya secara lengkap maka tidak mengapa (Syarah Riyadhus Shalihin Syaikh Utsaimin 4/188)

Lupa Membacanya di Awal
Jika seseorang lupa membacanya di awal, maka bacalah ketika ingat dengan lafazh, “BISMILLAHI AWWALAHU WA AKHIROHU” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Jika Tidak Membaca Basmallah
Jika seseorang tidak membaca Bismillah ketika hendak makan, maka Syaithan akan ikut makan bersamanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “...dan jika orang tersebut tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka Syaithan berkata (kepada temannya), “Kalian menemukan tempat untuk bermalam dan makan malam.” (HR. Muslim no.2018)

2. MAKAN DENGAN TANGAN KANAN

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “dan makanlah dengan tangan kananmu..” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah menjelaskan, “Makan dengan tangan kanan adalah wajib. Barangsiapa makan dengan tangan kirinya maka dia berdosa dan bermaksiat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Barangsiapa bermaksiat kepada Rasul, maka sungguh ia telah bermaksiat kepada Allah.” (Syarah Riyadhus Shalihin 4/189)

Makan dengan tangan kiri merupakan kebiasaan syaithan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian hendak makan, maka makanlah dengan tangan kanannya. Dan jika ingin minum, maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena syaithan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

3. MAKAN DENGAN TIGA JARI

Dari Ka’ab bin Malik Radhiallahu ‘anhu berkata, Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam makan dengan tiga jarinya.” (HR. Muslim)

4. MENJILATI JARI DAN TEMPAT MAKAN

Dari Jabir bin Radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan agar menjilati jemari dan piring yang digunakan untuk makan. Beliau berkata, “Sesungguhnya kalian tidak mengetahui di bagian mana dari makanan itu akan turun berkah.” (HR. Muslim)

5. MAKAN DARI YANG TERDEKAT

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda kepada Umar bin Abi Salamah, “.. dan makanlah dari yang terdekat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Hadits ini berlaku ketika makan tersebut dilakukan secara berjama’ah, karena dikhawatirkan akan mengganggu teman makannya. Adapun jika makan sendirian maka tidak mengapa untuk makan dari sisi yang berbeda-beda.

Demikian pula ketika jenis makanan/lauknya beraneka ragam, maka tidak mengapa mengambil dari yang jauh walaupun pada saat makan berjama’ah. (Lihat Syarah Riyadhus Shalihin Ibnu Utsaimin 4/189)

6. MEMUJI MAKANAN DAN TIDAK MENCELANYA

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tidak pernah mencela makanan sama sekali. Bila beliau menginginkannya maka beliau memakannya, dan bila tidak suka maka beliau meninggalkannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dari Jabir Radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam meminta lauk kepada keluarganya. Mereka berkata, “Kami tidak memiliki lauk selain cuka.” Maka beliau meminta cuka tersebut dan makan dengannya. Lalu beliau berkata, “Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka.” (HR. Muslim)

7. MAKAN BERJAMA’AH

Makan secara bersama-sama dalam satu wadah merupakan sebab turunnya berkah.
Dahulu, ada seorang shahabat yang tidak merasa kenyang ketika makan, maka ia mengaduhkan perkaranya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.
🔹 Beliau bertanya kepadanya, “sepertinya kalian makan sendiri-sendiri?”
🔸 “benar (wahai Rasulullah)” Jawabnya
🔹 Maka Beliau bersabda, “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, niscaya kalian akan diberkahi pada makanan kalian.” (HR. Abu Daud no.3764. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani Rahimahullah)

8. MENGAMBIL MAKANAN YANG JATUH

Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

“Apabila suapan salah seorang kalian jatuh, maka hilangkanlah kotoran yang menempel padanya, lalu makanlah.  Jangan sampai ia membiarkannya dimakan oleh syaithan.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

Di dalam riwayat Muslim, “Sesungguhnya syaithan selalu hadir menyertai kalian dalam setiap keadaan, bahkan pada saat makan sekalipun. Sehingga bila ada suapan makanan kalian yang jatuh, maka ambillah, dan bersihkanlah kotoran yang menempel padanya, lalu makanlah. Jangan sampai ia biarkan syaithan memakannya.”

9. MENCUCI TANGAN

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ نَامَ وَفِي يَدِهِ غَمَرٌ، وَلَمْ يَغْسِلْهُ فَأَصَابَهُ شَيْءٌ، فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ

“Barangsiapa yang tidur dan pada tangannya ada bekas sisa makanan dan dia belum mencucinya, lalu ia tertimpa oleh sesuatu. Maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri.” (HR. Abu Daud no.3852 dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu. Dishahihkan Syaikh Al-Albani)

“Lalu ia tertimpa sesuatu” maksudnya ialah bekas sisa makanan yang ada pada tangannya mengundang kehadiran hewan-hewan berbahaya atau berbisa yang dapat melukai tangannya. (Lihat Aunul Ma’bud 10/237)

10. BERDO’A SETELAH MAKAN

Dari Abu Umamah Radhiallahu ‘anhu berkata, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam apabila telah diangkat hidangan beliau (yakni beliau selesai makan,pen), maka beliau mengucapkan
الحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ، غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ، رَبَّنَا

ALHAMDULILLAH KATSIRON THOYYIBAN MUBAROKAN FIIHI, GHOIRO MAKFIYYIN WA LA MUWADDA’IN, WA LA MUSTAGHNAN ‘ANHU, RABBANA

"Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan berkah. Dia tidak membutuhkan pemberian makanan (karena Dia yang memberi makanan), tidak ditinggalkan dan tidak membutuhkan makanan itu ya Rabb kami."

Bisa juga membaca do'a,

مَنْ أَكَلَ طَعَامًافَقَالَ “الْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلِ مِنِّي وَلاَ قُوَّةٍ” غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa memakan makanan dan dia mengatakan

ALHAMDULILLAH ALLADZI ATH'AMANI HADZA WA ROZAQONIHI MIN GHAIRI HAULIN MINNI WA LA QUWWAH

“Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makan ini, dan memberiku rizki dengan tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” Maka akan diampuni dosanya.”{HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Dishahihkan Syaikh AL-Albani}

Sumber Panduan:
Riyadus Shalihin
Kitab Sunan dan Syarahnya

Disajikan oleh: Tim Warisan Salaf

____

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Ikuti Channel kami di telegram https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

KOMENTAR

BLOGGER: 1

Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,84,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,69,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,277,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,50,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,83,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Sekilas Tentang Adab Makan dan Minum
Sekilas Tentang Adab Makan dan Minum
Ringkasan 10 Adab Makan dan Minum berdasakan sunnah Rasulullah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaiAKM5w52XAwjHmeTynu8mMjRuTAktuz7KV_WE3jFX-mqNeQwk6LdODVRHH1QqkYzUMw55msUfLTQrv40lnmiRHHnhJ1V8VJmJv_0BbHYYsQaYa2uowBf6_SP39m0YvYyNrCAzER-0lTr/s320/adab-makan-minum.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaiAKM5w52XAwjHmeTynu8mMjRuTAktuz7KV_WE3jFX-mqNeQwk6LdODVRHH1QqkYzUMw55msUfLTQrv40lnmiRHHnhJ1V8VJmJv_0BbHYYsQaYa2uowBf6_SP39m0YvYyNrCAzER-0lTr/s72-c/adab-makan-minum.png
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/03/sekilas-tentang-adab-makan-dan-minum.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/03/sekilas-tentang-adab-makan-dan-minum.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy