Kisah Taubatnya Seorang Ayah

SHARE:

Kisah taubat seorang ayah dengan sebab anaknya yang berumur kurang 5 tahun

 KISAH TOBATNYA SEORANG AYAH

Ditulis oleh: Al Ustadz Abdul Mu’thi  Sutarman Lc

Lelaki ini tinggal di kota Riyadh (ibukota Arab Saudi), hidupnya amburadul dan tidak mengenal Allah kecuali hanya sedikit. Sejak beberapa tahun yang lalu ia tidak pernah masuk masjid dan tidak pernah sujud kepada Allah sama sekali. Akan tetapi Allah berkehendak lain akan bertobat melalui putrinya yang masih kecil.

Lelaki itu menceritakan dirinya: dahulu aku biasa begadang sampai waktu shubuh dengan teman-teman yang jelek dalam perkara yang sia-sia (maksiat). Aku biarkan istriku merasa kesepian, kesempitan dan perasaan sakit yang hanya Alah lah yang tahu. Istriku yang Shalihah nan setia sudah tidak bisa lagi menanganiku. Istriku tidak pelit memberi nasehat dan bimbingan kepadaku, namun usahanya sia-sia.

Pada suatu malam, aku pulang dari begadangku yang sia-sia. Waktu itu jam menunjukan jam 03.00 pagi. Aku dapatkan Istri dan Putriku sudah mendengkur dalam tidurnya yang pulas. Akupun menuju kamar sebelah untuk menghabiskan waktu-waktu malam yang masih tersisa  guna menonton film yang hina menggunakan alat video. Di waktu-waktu yang mana Rabb kita (Allah) Azza wa Jalla turun (Kelangit dunia) seraya mengatakan, “Apakah ada orang yang mau berdo’a sehingga Aku kabulkan? Adakah orang yang meminta ampun sehingga Allah ampuni? Apakah ada orang yang meminta sehingga Aku beri permintaannya?

Tiba-tiba saat aku masih dalam kondisi yang memilukan tersebut, pintu kamar di buka, ternyata yang membukanya adalah putriku yang masih kecil yang umurnya belum lebih dari lima tahun. Ia memandang kepadaku dengan pandangan yang penuh keheranan dan ketidaksukaan. Putriku mendahuluiku dengan berucap : “Wahai bapak, tidak pantas kamu melakukan ini, bertakwalah kamu kepada Allah!” Ia mengulangi ucapan itu tiga kali, lalu ia menutup pintu dan pergi…

Pikiranku sangat kacau, lalu akupun mematikan alat video, aku duduk dalam kebingungan, kata-katanya selalu terngiang-ngiang di telingaku dan hampir-hampir membunuhku. Aku keluar menyusulnya namun dia sudah kembali ketempat tidurnya.. Aku seperti orang gila, tidak tahu apa yang menimpaku kala itu. Peristiwa itu tidak berlangsung lama hingga suara muadzin dari masjd yang terdekat memecahkan keheningan malam yang mencekam, memanggil untuk menjalankan shalat subuh.

Akupun berwudhu pergi ke masjid, dan waktu itu aku tidak ada keinginan kuat untuk shalat. Hanyalah yang menyibukanku dan menggoncang hatiku, kata-kata putriku yang masih kecil. Iqamat di kumandangkan, imampun bertakbir dan membaca apa yang ia mampu dari al Qur’an dan saaat ia sujud aku juga sujud di belakangnya dan meletaakkan jidatku di atas tanah. Tiba-tiba terpecah dariku tangisan yang  keras yang tidak aku tahu sebabnya.

Ini adalah awal sujud  kepada Allah yang aku lakukan semenjak tujuh tahun yang lalu. Tangisan itu menjadi pembuka kebaikan bagiku. Sungguh, dengan tangisan itu keluar apa yang ada pada hatiku dari kekafiran, kemunafikan dan kerusakan.  Akupun merasa iman mulai masuk dalam kalbuku. Selesai shalat aku duduk sebentar di masjid kemudian kembali kerumah. Aku tidak mencicipi tidur sampai aku pergi ke tempat kerja.

Tatkala aku masuk pada rekan kerjaku, iapun heran tentang kehadiranku yang lebih awal, karena biasanya aku datang terlambat. Ia menanyaiku tentang sebabnya, lalu akupun menceritakan kepadanya peristiwa tadi malam. Rekanku berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah mengarahkan putrimu yang masih kecil kepadamu sehingga ia membangunkanmu dari kelalaianmu dan kematian tidak datang kepadamu dalam keadaan lalai.

Ketika datang waktu dzuhur aku sangat letih karena aku belum tidur untuk waktu yang lama. Aku meminta temanku untuk menjalankan tugasku. Aku pulang kerumah untuk mengambil bagian dari waktu istirahat dalam keadaan aku merindukan putriku yang masih kecil yang menjadi sebab aku mendapat petunjuk dan kembali kepada Allah.

Aku masuk kerumah dan istriku menyambutku dengan tangisan. Aku bertanya kepadanya, “Ada apa kamu wahai istriku? “Maka, datang jawabannya seperti halilintar, “Putrimu telah meninggal. “Aku tidak mampu menguasai diriku karena dahsyatnya benturan musibah ini. Tangispun pecah dariku lama…Dan ketika diriku sudah tenang, akupun sadar bahwa apa yang menimpaku tidak lain hanyalah ujian dari Allah untuk menguji keimananku, lalu akupun mengucapkan pujian kepada Allah. Kemudian aku angkat gagang telepon untuk menghubungi rekanku, aku memintanya datang untuk membantuku.

Temanku datang, ia mengambil anak kecil itu lalu memandikannya dan mengafaninya. Kami menyalatinya kemudian membawanya kepekuburan. Rekanku berkata kepadaku, “Tidak pantas seorang memasukan anak ini ke liang kubur kecuali kamu. ”Aku angkat anak itu sementara air mata ini terus berderai, akupun letakan ia di liang lahat…(sungguh rasanya) aku bukan sedang mengubur putriku, namun mengubur cahaya yang telah menyinari jalan hidupku. Aku memohon kepada Allah semoga putriku di jadikan penghalang bagiku dari api neraka dan semoga Allah membalas istriku yang mukminah dan sabar dengan sebaik-baik balasan. (Diterjemahkansecara bebas dari sebuah bulletin dengan judul al’aiduna ilallah halaman 6-8)

Sumber : Majalah Qudwah Edisi 23 Vol.2 1436H/2014m

http://forumsalafy.net/kisah-tobatnya-seorang-ayah/

WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,278,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,49,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Kisah Taubatnya Seorang Ayah
Kisah Taubatnya Seorang Ayah
Kisah taubat seorang ayah dengan sebab anaknya yang berumur kurang 5 tahun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgA5MIFXw5Z-GT2nX8M-y4AqnbZnt0E5IVRnlaWI_NV_rE5LPJhMikEpxr7WSTKzGybz0tjBy6R0Ifrx5_c06mqTiO3bHMIaYkcPNHB8ZmKLCbuR1-8zRP_awr01EQ-YImzhs_etpGmy2RZ/s320/taubatnya+seorang+ayah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgA5MIFXw5Z-GT2nX8M-y4AqnbZnt0E5IVRnlaWI_NV_rE5LPJhMikEpxr7WSTKzGybz0tjBy6R0Ifrx5_c06mqTiO3bHMIaYkcPNHB8ZmKLCbuR1-8zRP_awr01EQ-YImzhs_etpGmy2RZ/s72-c/taubatnya+seorang+ayah.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/03/kisah-taubatnya-seorang-ayah.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/03/kisah-taubatnya-seorang-ayah.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy