Nasehat Untuk Orang yang Bermaksiat

SHARE:

Apa nasihat Anda bagi orang yang melakukan perbuatan maksiat, agar dia mau bertaubat sebelum ajal menjemputnya, sehingga dia akan rugi dan menyesal?

 NASEHAT UNTUK ORANG YANG BERMAKSIAT AGAR DIA SEGERA BERTAUBAT


Pertanyaan: Bila seorang muslim ingin terlepas dari dosa yang pernah dia lakukan, apa saja syarat yang wajib ditempuh terkait dengan orang yang bertaubat dari dosanya? Apa pula nasihat Anda bagi orang yang melakukan perbuatan maksiat, agar dia mau bertaubat sebelum ajal menjemputnya, sehingga dia akan rugi dan menyesal?

Jawab: Pertama, dia bertaubat dengan taubat yang jujur dan murni, dan menyesali dosa yang telah dia lakukan, lalu bertekad untuk tidak mengulanginya lagi, dan mengembalikan kezaliman (yang pernah dia ambil) kepada yang berhak. Yang terakhir ini terkait dengan hal-hal yang bisa dikembalikan, seperti harta. Kemudian dia meminta kerelaan dan maaf dalam hal-hal yang tidak bisa dikembalikan, sembari mendoakan kebaikan bagi yang dia zalimi dan memuji mereka atas kebaikan mereka yang dia ketahui.

Kedua, kami menasihati dia untuk membaca Al-Qur’an dan hadits-hadits tentang targhib wa tarhib (anjuran untuk melakukan kebaikan dan ancaman dari melakukan keburukan). Juga agar dia mengingat akhirat beserta kengeriannya. Juga agar dia bergaul dengan orang-orang yang baik sekaligus menjauhi orang-orang yang jelek. Semoga dia bisa bertaubat dari dosa-dosanya, memohon ampun kepada Rabbnya, dan mencerca dirinya sendiri atas maksiat yang dia lakukan.

Wabillahit taufiq, washallalahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa alihi wa shahbihi wa sallam.

Al-Lajnah Ad-Da`imah lil Buhuts Al-’Ilmiyyah wal Ifta`

Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil : Abdurrazzaq Afifi
Anggota: Abdullah bin Ghudayyan, Abdullah bin Qu’ud

(Fatawa Al-Lajnah, 24/297-298, Pertanyaan keenam dari fatwa no. 3866)

Baca Lengkap || http://forumsalafy.net/nasehat-untuk-orang-yang-melakukan-maksiat-agar-dia-bertaubat/

WhatsApp Salafy Indonesia
Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

AKIBAT BERBUAT MAKSIAT KETIKA BERSENDIRI


Dari Abu ad-Darda’ radhiyallahu ‘anhu :
“Seorang berbuat maksiat kepada Allah ketika dia bersendiri, maka Allah masukkan ke dalam hati kaum mukminin kebencian kepadanya (yakni kepada orang yang bermaksiat tersebut) tanpa dia sadari.”
Hilyah al-Auliya, Abu Nu’aim (1/215)

عن أبي الدرداء رضي الله عنه:
العبد يخلو بمعاصي الله عز وجل فيلقي الله بغضه في قلوب المؤمنين من حيث لا يشعر.حلية الأولياء لأبي نعيم 1/215

Majmu’ah Manhajul Anbiya
https://telegram.me/ManhajulAnbiya

——————————————————

PENGARUH MAKSIAT TERHADAP HATI.


Berkata Al-'Allāmah Shälih Al-Fawzān hafizhåhulläh:

Maka sesungguhnya dosa-dosa akan memberikan pengaruh pada hati dengan sebuah penyakit, dan terkadang penyakit tersebut akan semakin parah hingga menutupinya sehingga hati pun tertutup dan terkunci -na'udzubillâh-:

▪️ sehingga tidak lagi berpengaruh nasehat baginya,
▪️ dan tidak membekas baginya Al-Qurān,
▪️ dan tidak pula peringatan,

sebagai hukuman bagi pemiliknya dan ini adalah sekeras-kerasnya hukuman. 》

Dan beliau juga mengatakan:

Dan kemaksiatan-kemaksiatan akan menyebabkan kemurkaan Allâh dan menyebabkan hukuman-hukuman dan siksaan-siksaan, dan tidaklah umat-umat terdahulu binasa melainkan karena kemaksiatan-kemaksiatan dan penyimpangan-penyimpangan. 》

Tashīl Al-Ilmām (1/504 dan 517)
——————————————————
تأثير الذنوب على القلوب :

▪️قال العلاّمة صالح الفوزان : 

فإن الذنوب تؤثر في القلوب بالمرض ، وقد يشتد ذلك حتى يختم عليها فتطغى وتغلف - والعياذ بالله - : 

■ فلا ينفذ إليها موعظة .
■ ولا تتأثر بالقرآن .
■ ولا بتذكير .

☜ عقوبة لأصحابها وهذه أشد العقوبات .

▪️وقال أيضا حفظه الله تعالى: 

فالمعاصي تسبب الغضب وتسبب العقوبات والمثلات وما أهلك الأمم السابقة إلا المعاصي والمخالفات .

[تسهيل اﻹلمام ١/٥٠٤ و ٥١٧]
----------------------
Broadcast by :
Channel MutiaraASK :
http://bit.ly/MutiaraASK
Website ASK :
http://bit.ly/BlogASK
BBM Mutiara Salaf :
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE


KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,41,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,231,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,450,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,15,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Nasehat Untuk Orang yang Bermaksiat
Nasehat Untuk Orang yang Bermaksiat
Apa nasihat Anda bagi orang yang melakukan perbuatan maksiat, agar dia mau bertaubat sebelum ajal menjemputnya, sehingga dia akan rugi dan menyesal?
http://butchbellah.com/wp-content/uploads/2014/01/time.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/03/nasehat-untuk-orang-yang-bermaksiat.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/03/nasehat-untuk-orang-yang-bermaksiat.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy