Siapa Haddadiyyah itu? Kepada Siapa Mereka Dinisbahkan?

SHARE:

Siapakah (sekte) Haddadiyyah itu? Dan kepada siapa mereka dinisbatkan?

Siapakah (sekte) Haddadiyyah itu? Dan kepada siapa mereka dinisbatkan?


Haddadiyyah :
Mereka adalah sebuah jamaah yang dinisbatkan kepada seseorang yang bernama Mahmud Al-Haddad.

Al-'Allamah An-Najmi rahimahullah menjelaskan manhaj jemaah ini dengan mengatakan :

"Perlu diketahui, bahwasanya (sekte) haddadiyyah yang tampak dari perkataan mereka adalah pengkafiran hanya dengan sebab satu bid'ah.
Karena mereka mengatakan, "Barangsiapa dari kalangan ulama yang ada padanya satu bid'ah (saja) maka wajib bagi kita untuk tidak mendoakan rahmat atasnya, dan tidak membaca kitab-kitabnya. Bahkan sungguh barangsiapa yang ada padanya satu bid'ah saja maka kitab-kitabnya wajib dibakar."

Dan sungguh mereka telah membakar kitab Fathul Bari berdasarkan pengakuan mereka. Dan hal itu berdasarkan kabar dari orang yang tsiqah (terpercaya), (yang mana) mereka telah mengaku di hadapan orang tersebut."

Al-Fatawa Al-Jaliyyah jilid 2 : 168


من هم الحدادية؟و إلى من ينتسبون؟

الحدادية:
"هم جماعة تنسب إلى رجل يسمى:محمود الحداد"

قال العلامة النجمي ر حمه الله مبينا منهج هذه الجماعة:

"علما بأن الحدادية ظاهر قولهم التكفير ببدعة واحدة‚ لأنهم يقولون من عنده بدعة واحدة من العلماء وجب علينا ألا نترحم عليه‚ و ألا نقرأ في كتبه بل إن من عنده بدعة يجب أن تحرق كتبه‚

وقد أحرقوا كتاب فتح الباري باعترافهم‚ وذلك  بإخبار ثقة اعترفوا لديه"

الفتاوى الجلية/ج 168:2

Reza Al Jakarty - Editor : Ibnu abi Humaidi hafizhahullah
Majmu'ah Ashhaabus Sunnah
Channel telegram : http://bit.ly/ashhabussunnah


SEKTE HADDADIYYAH


Berkata Asy-Syaikh Rabi' bin Hadi 'Umair Al-Madkhali hafizhahullah tentang mereka (sekte haddadiyyah) seperti berikut ini :

"Dan kesalahan-kesalahan yang paling tampak yang dijadikan sebagai catatan buruk tentang manhaj ini adalah :

1. Kebencian mereka kepada para ulama manhaj salaf pada masa ini dan membodohkan mereka, menghina mereka, menganggap sesat mereka dan berdusta atas nama mereka, terutama kepada ulama Madinah, hingga sampai kepada Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qayyim dan Ibnu Abul 'Izz pensyarah Aqidah Thohawiyyah.

2. Perkataan mereka yang membid'ahkan (memvonis sebagai ahlul bid'ah) siapa saja yang terjatuh pada suatu bid'ah, dan Ibnu Hajar menurut mereka lebih parah dan lebih berbahaya dari Sayyid Quthub.

3. Membid'ahkan (memvonis sebagai ahlul bid'ah) siapa saja yang tidak membid'ahkan orang yang terjatuh pada suatu bid'ah, dan memusuhinya serta memeranginya.

4. Mengharamkan mendoakan rahmat bagi ahlul bid'ah secara mutlak, tanpa ada pembedaan antara seorang syiah rafidhah, seorang qodariyyah, seorang jahmiyyah, dan seorang alim yang terjatuh pada suatu bid'ah.

5. Membid'ahkan (memvonis sebagai ahlul bid'ah) siapa saja yang mendoakan rahmat kepada seseorang seperti Abu Hanifah, Asy-Syaukani, Ibnul Jauzi, Ibnu Hajar dan An-Nawawi- rahimahumullah-.

6. Permusuhan yang keras kepada salafiyyin meskipun salafiyyin telah mengerahkan seluruh kesungguhannya dalam mendakwahkan salafiyyah dan membelanya, meskipun salafiyyin telah bersungguh-sungguh dalam melawan bid'ah, hizbiyyah, dan kesesatan, dan mereka (sekte haddadiyyah) memusatkan/memfokuskan permusuhan kepada ulama ahlul madinah kemudian kepada Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah.

7. Sikap ghuluw (berlebihan) mereka kepada Al-Haddad dan mengklaim akan tingginya keilmuan dia (Al-Haddad) agar bisa sampai kepada (tahapan) menjatuhkan para ulama senior dan manhaj salaf.

8. Melaknat individu tertentu secara khusus, sampai-sampai sebagian mereka melaknat Abu Hanifah dan sebagian lagi mengkafirkannya.

Mudzakkirah (Catatan Kecil) Asy-Syaikh Rabi' dengan judul "Mumayyizat Al-Haddadiyyah

----------------
قال الشيخ ربيع بن هادي عمير المدخلي-حفظه الله- عنهم ما يلي:
"و من أبرز الأخطاء التي لوحظت على هذا المنهج:

1⃣-بغضهم لعلماء المنهج السلفي المعاصرين و تجهيلهم و تحقيرهم و تضليلهم و الإفتراء عليهم و لا سيما علماء المدينة ثم تجاوزوا ذلك إلى ابن تيمية و ابن القيم و ابن أبي العز شارح الطحاوية.
2⃣-قولهم بتبديع من وقع في بدعة و ابن حجر عندهم أشد و أخطر من سيد قطب.
3⃣-تبديع من لا يبدع من وقع في بدعة و عداوته و حربه.
4⃣-تحريم الترحم على أهل البدع بإطلاق لا فرق بين رافضي وقدري و جهمي و بين عالم وقع في بدعة.
5⃣-تبديع من يترحم على مثل أبي حنيفة و الشوكاني و ابن الجوزي و ابن حجر و النووي-رحمهم الله.-.
6⃣-العداوة الشديدة للسلفيين مهما بذلوا من الجهود في الدعوة السلفية و الذب عنها و مهما اجتها في مقاومة البدع و الحزبيات و الضلالات و تركيزهم بالعداوة على علماء أهل المدينة ثم على الشيخ الألباني رحمه الله.
7⃣-غلوهم في الحداد و ادعاء تفوقه في العلم ليتوصلوا بذلك إلى إسقاط كبار أهل العلم و المنهج السلفي.
8⃣-لعن المعين حتى إن بعضهم يلعن أبا حنيفة و بعضهم يكفره.

مذكرة الشيخ ربيع بعنوان:
*مميزات الحدادية*

Reza Al Jakarty - Editor : Ibnu abi Humaidi hafizhahullah
Majmu'ah Ashhaabus Sunnah
Channel telegram : http://bit.ly/ashhabussunnah

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,85,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,68,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,278,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,49,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,84,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Siapa Haddadiyyah itu? Kepada Siapa Mereka Dinisbahkan?
Siapa Haddadiyyah itu? Kepada Siapa Mereka Dinisbahkan?
Siapakah (sekte) Haddadiyyah itu? Dan kepada siapa mereka dinisbatkan?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt6Cr0-6RXaBO2pZ2ukQn6i0Su8MtDZ8ZqskGjvnQxJ1qE2rUv56eqChFJVDWzhuhQm9Xjz7uih9TIhbFeo1t7OmJdWk0PC-jWWYkDSqcMTnlviQURlQ00j4-prBp7KOAn_FbzsOvrJRFj/s400/Siapa+itu+haddaiyyah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjt6Cr0-6RXaBO2pZ2ukQn6i0Su8MtDZ8ZqskGjvnQxJ1qE2rUv56eqChFJVDWzhuhQm9Xjz7uih9TIhbFeo1t7OmJdWk0PC-jWWYkDSqcMTnlviQURlQ00j4-prBp7KOAn_FbzsOvrJRFj/s72-c/Siapa+itu+haddaiyyah.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/03/siapa-haddadiyyah-itu-kepada-siapa-dinisbahkan.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/03/siapa-haddadiyyah-itu-kepada-siapa-dinisbahkan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy