Perbaiki Makananmu Niscaya Doamu Dikabulkan !

SHARE:

“Perbaikilah makananmu pasti engkau menjadi orang yang dikabulkan do’anya.”

PERBAIKI MAKANANMU PASTI DO'AMU DIKABULKAN

Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi al-Madkhali

Perbaiki Makananmu Niscaya Doamu Dikabulkan !

Beliau menjelaskan, “Adapun sebab-sebab terkabulnya do’a ada banyak. Akan tetapi di antara yang terpenting adalah memperbaiki makanan. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,

“أَطِبْ مطْعَمَك تكن مُجاب الدَّعوة”
“Perbaikilah makananmu pasti engkau menjadi orang yang dikabulkan do’anya.”
Dan beliau menyebutkan (kisah) seseorang yang mengadakan perjalanan yang panjang, kusut dan berdebu, lalu ia menengadahkan tangannya ke arah langit sembari menyeru, “wahai Rabbku, wahai Rabbku” Sementara makanannya haram, minumannya haram, dibesarkan dari yang haram, maka bagaimana mungkin do’any dikabulkan!”

Beliau menyebutkan di dalam hadits ini beberapa sebab terkabulnya do’a. Walaupun demikian, do’a orang itu tidak dikabulkan karena adanya penghalang:

- Beliau menyebutkan safar (perjalanan). Dan safar merupakan sebab terkabulnya do’a. seorang musafir do’anya mustajab.
- Demikian juga kondisi kusut dan berdebu. Karena kondisi ini merupakan cirinya orang yang merendah diri kepada Allah Jalla wa ‘ala, bukan cirinya orang yang angkuh.
- Lalu dia menengadahkan kedua tangannya ke arah langit, dia mengangkat tangannya, sementara Allah Maha Malu (حيي) dan Maha Menutupi (ستير). Allah malu kepada hamba-Nya apabila hamba itu mengangkat kedua tangannya lalu Allah mengembalikannya dalam keadaan kosong (yakni tidak dikabulkan,pen). Walaupun demikian, Orang tersebut mengangkat kedua tangannya dan mengangkat kedua tangan merupakan sebab terkabulnya do’a.
- Kemudian dia meminta dengan merengek kepada Allah “Wahai Rabbku wahai Rabbku” ini merupakan sebab keempat terkabulnya do’a. Dia menampakkan butuhnya dihadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Walaupun demikian, DO'ANYA TIDAK DIKABULKAN, padahal ada pada dirinya sebab-sebab (terkabulnya do’a) yang telah disebutkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, mengapa? Karena makanannya HARAM, pakaiannya HARAM, ia dibesarkan dari sesuatu yang HARAM. Bagaimana mungkin do’anya akan dikabulkan ⁉️

Maka atas dasar ini, hadits ini menunjukkan bahwasanya MEMPERBAIKI MAKANAN dan PAKAIAN merupakan sebab dikabulkannya do’a, dan begitu pula makanan dan pakaian yang JELEK termasuk perkara yang menghalangi terkabulnya do’a.
semoga Allah memelihara kami dan kalian dari perkara tersebut-.

Sebab-sebab terkabulnya do’a amat banyak, hanyasaja perkara ini merupakan di antara yang paling penting. Barangkali anakku sang penanya bisa merujuk kepada kitab-kitab yang membahas permasalahan ini.


Sumber: شبكة سلفية الآجري
Suara: http://ar.miraath.net/fatwah/11195

Disajikan oleh Tim Warisan Salaf

--------

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Ikuti Channel kami di telegram https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,230,Akhirat,22,Akhwat,107,Anak Muda dan Salaf,220,Anti Teroris,2,Aqidah,276,Arab Saudi,12,Asma wa Shifat,2,Audio,44,Audio Singkat,8,Bantahan,103,Bid'ah,59,Biografi,84,Cerita,62,Cinta,10,Dakwah,43,Doa Dzikir,64,Ebook,15,Fadhilah,69,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,337,Ghaib,16,Hadits,167,Haji-Umroh,15,Hari Jumat,31,Hari Raya,3,Ibadah,43,Info,79,Inspiratif,37,IT,10,Janaiz,7,Kata Mutiara,128,Keluarga,234,Khawarij,21,Khutbah,4,Kisah,277,Kitab,6,Kontemporer,152,Manhaj,175,Muamalah,46,Nabi,19,Nasehat,620,Poster,7,Puasa,52,Qurban,18,Ramadhan,50,Rekaman,2,Remaja,152,Renungan,91,Ringkasan,100,Sahabat,68,Sehat,26,Sejarah,48,Serial,3,Shalat,154,Syiah,25,Syirik,14,Tafsir,47,Tanya Jawab,587,Tauhid,52,Tazkiyatun Nafs,105,Teman,20,Thaharah,21,Thalabul Ilmi,142,Tweet Ulama,6,Ulama,83,Ustadz Menjawab,9,Video,20,Zakat,10,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Perbaiki Makananmu Niscaya Doamu Dikabulkan !
Perbaiki Makananmu Niscaya Doamu Dikabulkan !
“Perbaikilah makananmu pasti engkau menjadi orang yang dikabulkan do’anya.”
https://wallpaperswa.com/thumbnails/detail/20130725/tea%20food_wallpaperswa.com_37.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/03/perbaiki-makananmu-niscaya-doamu-dikabulkan.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/03/perbaiki-makananmu-niscaya-doamu-dikabulkan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy