Hukum Sholat Ghaib

YUK SHARE:

hukum-shalat-ghaib, tata cara shalat ghaib, tuntunan shalat ghaib, cara shalat ghaib

HUKUM SHOLAT GHAIB


Asy Syeikh Bin Baaz rohimahullah:


Hukum sholat ghoib ada rinciannya:

Sebagian Ulama' berpendapat bahwa tidak boleh dilaksanakan sholat ghaib bagi orang yang sudah disholatkan di negerinya.

Dan sebagian Ulama' berpendapat boleh dilaksanakan sholat ghaib JIKA orang yang meninggal punya nama didalam islam seperti Najasyi rohimahullah.

Yang mana Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam melakukan sholat ghaib untuk Najasyi ketika Najasyi meninggal di negerinya dan mengabarkan hal ini kepada para shohabat kemudian beliau Shollallahu Alaihi Wa Sallam melakukan sholat ghaib.

Dan tidak ada riwayat Beliau Shollallahu Alaihi Wa Sallam melakukan sholat ghaib selain untuk Najasyi.

Apabila ada seorang pemimpin yang baik dan adil meninggal dunia maka maka hendaknya pemerintah melakukan sholat ghaib untuknya, dan hendaknya dia memerintahkan kaum muslimin untuk melakukan sholat ghaib.

Begitu pula jika yang meninggal para Ulama' maka jika dilaksanakan sholat ghaib untuk mereka maka ini adalah sesuatu yang baik, sebagaimana Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam melakukan sholat ghaib untuk Najasyi.

Adapun orang per orang maka TIDAK DIANJURKAN untuk dilakukan sholat ghaib untuk mereka, karena Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam tidak melakukan sholat ghaib untuk SEMUA ORANG YANG MENINGGAL, yang ada  beliau Shollallahu Alaihi Wa Sallam hanya melakukan sholat ghaib untuk satu orang saja yaitu Najasyi, karena Najasyi punya jasa didalam islam.

Najasyi telah melindungi Shohabat yang hijroh ke Habasyah, dia lindungi para Shohabat, dia menolong mereka, dia jaga para Shohabat, dan dia berbuat baik terhadap Shohabat.

Sehingga Najasyi termasuk orang yang memiliki jasa besar di dalam islam, oleh karena itu ketika beliau meninggal maka Nabi Shollallahu Alaihi Wa Sallam mensholatinya bersama para shohabat.

Maka barangsiapa yang punya kedudukan seperti ini dan dia punya jasa besar didalam islam maka boleh dilakukan sholat ghaib atasnya.

Sebagaimana di negeri ini (Saudi Arabia) pernah kaum muslimin melakukan sholat ghaib untuk presiden pakistan Dhiyaul Haq rohimahullah, karena dia memiliki kebijakan kebijakan yang baik untuk  kepentingan islam.

Yang mana pemerintah saudi memerintahkan untuk dilakukan sholat ghaib atasnya di Al Haramain dan telah terlaksana sholat ghaib untuknya.

Dia adalah orang yang pantas untuk dilakukan sholat ghaib atasnya, karena kebijakan kebijakannya yang bagus dan perhatiannya untuk menegakkan hukum islam, yang mana dia memerintahkan untuk menegakkan syareat islam dan serius terhadap penegakan syareat, kita memohon kepada Allah ampunan untuk kita dan untuknya.

Dan yang dimaukan adalah siapa saja yang memiliki jasa didalam islam, baik mereka itu pemerintah atau para Ulama' apabila mereka meninggal dunia maka kaum muslimin di negeri yang lain atau di negeri mereka sendiri disyareatkan untuk melakukan sholat ghaib sebagaimana kisah Najasyi diatas, Wallahu Waliyyut Taufiq.
•••••••••••••


Sumber: http://www.binbaz.org.sa/node/2613
Alih bahasa: Abu Arifah Muhammad Bin Yahya Bahraisy.
~~~~~~~~~~~~~~~~


Berbagi ilmu agama

✆ WA Al Istifadah ※ WALIS ✆

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,125,Akhirat,12,Akhwat,86,Aqidah,217,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,90,Bid'ah,40,Biografi,29,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,29,Ebook,7,Fadhilah,49,Faedah Ringkas,17,Fiqih,221,Ghaib,11,Hadits,99,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,76,Inspiratif,26,IT,11,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,128,Khawarij,22,Kisah,114,Kontemporer,110,Manhaj,120,Muamalah,37,Nabi,8,Nasehat,372,Poster,6,Puasa,41,Qurban,16,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,103,Renungan,23,Ringkasan,89,Sahabat,30,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,105,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,435,Tauhid,19,Tazkiyatun Nafs,65,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,84,Tweet Ulama,6,Ulama,28,Ustadz Menjawab,4,Video,9,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Sholat Ghaib
Hukum Sholat Ghaib
hukum-shalat-ghaib, tata cara shalat ghaib, tuntunan shalat ghaib, cara shalat ghaib
http://1.bp.blogspot.com/-bNg00KwV8hM/Vghu-pM1XGI/AAAAAAAAEFc/QPot24g3d78/s1600/hukum-shalat-ghaib.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-bNg00KwV8hM/Vghu-pM1XGI/AAAAAAAAEFc/QPot24g3d78/s72-c/hukum-shalat-ghaib.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/09/hukum-sholat-ghaib.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/09/hukum-sholat-ghaib.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy