Silsilah Dzikir Pagi dan Sore

YUK SHARE:

Dalil-dalil Doa dan Dzikir Pagi dan Sore

Silsilah Dzikir dan Doa
DOA PAGI DAN PETANG 

Oleh : Fadhilatus syaikh DR. Muhammad Sa'id Ruslan حفظه اللّٰهُ تعالى :

dalil-dzikir-doa-pagi-petang


Waktunya dari setelah sholat Ashar hingga terbenamnya matahari.

1.
أَمْسَيْنَا وَأَمْسَىٰ الْمُلْكُ لِلّٰهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هٰذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هٰذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ.

"Kami memasuki sore hari dan pada sore ini kekuasaan (jagad raya tetap) milik Allah. Segala puji bagi Allah tiada sesembahan yang haq selain Allah, Dialah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nyalah semua kekuasaan dan pujian, dan Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu dari kebaikan malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang ada pada malam ini dan kejahatan sesudahnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, kesengsaraan di masa tua. Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari adzab neraka dan adzab di dalam kubur."

Adzkar As-Shobaah wa Al-Masaa`, Muhammad Sa'id Ruslan. Hlm: 46-47.

DZIKIR-DZIKIR PAGI


2.
اللّٰهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلَيْكَ النُّشُورُ.

"Ya Allah, karena Engkau kami berada di waktu pagi dan sore, karena Engkau kami hidup dan mati, dan kepada-Mu kami akan kembali." [1]
____________
[1] SHAHIH:
Dikeluarkan oleh Bukhari di dalam Al-Adab Al-Mufrad hadits no. (1199) dan Abu Dawud (5068) dan Tirmidzi (3391) dan Ibnu Majah (3868) dan Ibnu Hibban (2354) dan Ahmad (2/354) dan Al-Haitsami (10/114) dan Al-Baghowi (1325/5/112) dari Abu Huroiroh, dari Nabi ﷺ bahwasanya beliau membaca apabila masuk waktu pagi:

«اللّٰهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا...».

Adzkar As-Shobaah wa Al-Masaa`. Hlm: 15.


3.
« اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ »

"Ya Allah, Engkau adalah Robb-ku, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain-Mu"[1].
____________
[1] SHAHIH
Dikeluarkan oleh Bukhari di dalam Shahih-nya (5947), dan Nasaai (5963) dan Thabrani di dalam Al-Kabir (7/7173) dari Syaddad bin Auws rodhiallohu 'anhu, dari Nabi ﷺ beliau bersabda:

"Sesungguhnya istighfar yang paling baik adalah;... beliau bersabda:

"Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk dari penghuni surga. Dan barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk dari penghuni surga."

Adzkar As-Shobaah wa Al-Masaa`. Hlm: 16.

4.
اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِي سُوءًا أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ.

"Ya Allah pencipta langit dan bumi, yang maha tahu terhadap yang ghaib dan yang nampak, Engkaulah Rabb segala sesuatu dan pemiliknya, Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan jiwaku dan setan beserta sekutunya, dan dari berbuat kejahatan terhadap jiwaku atau mengalihkannya kepada muslim yang lain" [1].
___________
[1] SHAHIH.
Dikeluarkan oleh Tirmidzi (3529), dan Bukhari di dalam Al-Adab Al-Mufrad (1204) dari jalan Abu Rasyid Al-Hubrani: bahwa Abu Bakar As-Shiddiq rodhiallohu 'anhu berkata: "wahai rosululloh, ajarkan aku apa yang aku katakan apabila aku memasuki pagi hari dan apabila aku memasuki sore hari? Maka beliau bersabda: wahai Abu Bakar, ucapkanlah:
اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْض...
Dinilai kuat (haditsnya) oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar rohimahulloh di dalam Nataij Al-Afkar (2/345-346), dan berkata syaikh Nashir (Albani) rohimahulloh: "SANADNYA SHAHIH".
                 —○●※●○—

Adzkar As-Shobaah wa Al-Masaa`. Hlm: 48.

-------------------

5. Membaca surat Al-Ikhlas (dibaca 3 kali):

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ : قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ * اللَّهُ الصَّمَدُ * لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ * وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ ..سورة اﻹخلاص 1 - 4

Dengan menyebutkan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". [Qs. Al-Ikhlas: 1-4]

Membaca surat Al-Falaq (dibaca 3 kali) :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ * مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ * وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ * وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ * وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ..سورة الفلق 1 - 5

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki". [Qs. Al-Falaq: 1-5].

Membaca surat An-Naas (dibaca 3 kali) :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ * مَلِكِ النَّاسِ * إِلَٰهِ النَّاسِ * مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ * الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ * مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ..سورة الناس 1 - 6

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Robb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia. [Qs. An-Naas: 1-6].[1]
___________
[1] HADITS HASAN:
Dikeluarkan oleh Tirmidzi (3575), dan Abu Dawud (5082), dan Nasaai (5443), dan Ahmad (5312) dari Mu'adz bin Abdillah bin Khubaib, dari ayahnya bahwa beliau mengatakan: ".... beliau bersabda:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ أَحَدٌ والمُعَوِّذَتَينِ حين تمسي وحين تصبح ثلاثَ مرات تكفيك من كل شيء»
"Ucapkanlah:
قُلْ هُوَ اللّٰهُ أَحَد
Dan mu'awwidzatain dikala masuk sore hari dan dikala engkau masuk pagi hari sebanyak 3 kali maka akan menjagamu dari segala sesuatu".
                 —○●※●○—

&128212; Adzkar As-Shobaah wa Al-Masaa`. Hlm: 19-21.

✏__ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh عَفَا اللّٰهُ عَنْهُ.
————————————————
&127759; WA Ahlus Sunnah Karawang | www.ahlussunnahkarawang.com

KOMENTAR

BLOGGER
KAMI BUKAN TERORIS
Nama

Adab-Akhlak,123,Akhirat,12,Akhwat,84,Aqidah,216,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,89,Bid'ah,40,Biografi,29,Cerita,13,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,47,Faedah Ringkas,17,Fiqih,214,Ghaib,11,Hadits,97,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,76,Inspiratif,25,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,121,Keluarga,123,Khawarij,21,Kisah,113,Kontemporer,110,Manhaj,117,Muamalah,37,Nabi,9,Nasehat,360,Poster,6,Puasa,36,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,101,Renungan,22,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,100,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,427,Tauhid,19,Tazkiyatun Nafs,64,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,82,Tweet Ulama,6,Ulama,28,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Silsilah Dzikir Pagi dan Sore
Silsilah Dzikir Pagi dan Sore
Dalil-dalil Doa dan Dzikir Pagi dan Sore
http://4.bp.blogspot.com/-rTPzkfiSPYQ/Ve4uVsuW7dI/AAAAAAAAD6E/4qtryKsRw_I/s1600/dalil-dzikir-doa-pagi-petang.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-rTPzkfiSPYQ/Ve4uVsuW7dI/AAAAAAAAD6E/4qtryKsRw_I/s72-c/dalil-dzikir-doa-pagi-petang.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2015/09/silsilah-dzikir-pagi-dan-sore.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2015/09/silsilah-dzikir-pagi-dan-sore.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy