Syarh Hadits : "Dua Nikmat yang Kebanyakan Manusia Dirugikan Padanya"

SHARE:

Syarh Hadits : "Dua Nikmat yang Kebanyakan Manusia Dirugikan Padanya"

Syarh Hadits: “DUA NIKMAT YANG KEBANYAKAN MANUSIA DIRUGIKAN PADANYA”

dua-2-nikmat-yang-banyak-manusia-lalai

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah

Seorang penanya mengharapkan dari yang mulia, penjelasan perkataan ini : (Dua nikmat yang kebanyakan  kebanyakan manusia dirugikan padanya, kesehatan dan waktu luang). Ia megatakan:  Saya meyakini kalau ini hadits?

Jawaban Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah :

Naam ini adalah hadits yang sahih. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:  (Dua nikmat yang kebanyakan manusia dirugikan padanya, adalah kesehatan dan waktu luang.) Yakni kebanyakan manusia menyia-nyiakan kesehatannya dan waktu luangnya tanpa faedah. Memiliki kesehatan tubuh, keselamatan badannya dan dia punya waktu luang, akan tetapi dia tidak memakainya untuk perkara yang bermanfaat dan perkara yang bisa mendekatkan diri kepada Allah, atau untuk perkara yang bermanfaat di dunia, maka orang ini telah dirugikan dalam kedua nikmat ini.

Sesungguhnya sepantasnya bagi seorang mukmin untuk menggunakan nikmat ini untuk perkara yang mendatangkan keridhaan Allah. untuk perkara yang bermanfaat baginya seperti berdagang, dan macam-macam usaha yang halal, memperbanyak puasa, shalat, berdzikir, amalan ketaatan, menjenguk orang sakit, amar makruf nahi mungkar, berdakwah di jalan Allah Azza wa Jalla dan selainnya dari amalan-amalan yang kebaikan.

Maka seorang mukmin mesti menggunakan keduanya untuk perkara yang Allah ridhai, yang bermanfaat bagi dunianya berupa kehalalan. Maka jika dia meninggalkan kedua nikmat itu, tidak menggunakannya untuk perkara yang bermanfaat baginya maka berarti dia telah merugi. kerugian ini terkadang berupa keharaman, terkadang tidak memudharatkan. Maka jika ia tidak memakainya untuk bermaksiat kepada Allah dan menunaikan kewajiban, maka kerugian ini tidak memudharatkannya.

Adapun jika kesehatannya dimanfaatkan untuk bermaksiat kepada Allah,  maka hal itu akan memudharatkannya. Atau waktu luangnya dimanfaatkan dalam bermaksiat kepada Allah, maka hal itu akan memudharatkannya. Adapun jika tidak demikian, tidak dipakai untuk bermaksiat kepada Allah, akan tetapi tidak memperbanyak amalan kebaikan yang sunnah. Dia tidak menggunakan kesehatan dan waktu luangnya untuk perkara yang bermanfaat bagi dunianya, akan tetapi dia memiliki pendapatan yang menopang hidupnya dan keluarganya dan dia tidak diharuskan bekerja dan yang semisalnya, maka hal itu tidak memudharatkannya, akan tetapi ini termasuk satu  jenis kerugian.

Kalau seandainya dia menggunakan kesehatannya untuk perkara yang bermanfaat baginya, seperti dzikir, ketaatan dan amalan-amalan ketaatan lainnya yang disyariatkan dan juga usaha-usaha bisnis  yang halal dan baik, lalu dia bersedekah dan berbuat ihsan dengannya tentunya ini lebih baik baginya.

Semoga Allah membalas dirimu dengan kebaikan.

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/node/11378

Alih bahasa: Ustadz Abu Hafs Umar al Atsary hafizhahullah

Arsip WSI √ http://forumsalafy.net/dua-nikmat-yang-kebanyakan-manusia-dirugikan-padanya/

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,146,Akhirat,16,Akhwat,94,Aqidah,238,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,38,Bantahan,99,Bid'ah,44,Biografi,53,Cerita,35,Cinta,8,Dakwah,20,Doa Dzikir,36,Ebook,7,Fadhilah,58,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,259,Ghaib,14,Hadits,117,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,34,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,82,Inspiratif,34,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,130,Keluarga,150,Khawarij,22,Khutbah,3,Kisah,159,Kitab,1,Kontemporer,122,Manhaj,143,Muamalah,41,Nabi,8,Nasehat,418,Poster,7,Puasa,42,Qurban,20,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,110,Renungan,31,Ringkasan,92,Sahabat,37,Sehat,26,Sejarah,24,Serial,3,Shalat,117,Syiah,28,Syirik,3,Tafsir,32,Tanya Jawab,489,Tauhid,26,Tazkiyatun Nafs,78,Teman,15,Thaharah,17,Thallabul Ilmi,94,Tweet Ulama,6,Ulama,45,Ustadz Menjawab,6,Video,12,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Syarh Hadits : "Dua Nikmat yang Kebanyakan Manusia Dirugikan Padanya"
Syarh Hadits : "Dua Nikmat yang Kebanyakan Manusia Dirugikan Padanya"
Syarh Hadits : "Dua Nikmat yang Kebanyakan Manusia Dirugikan Padanya"
http://1.bp.blogspot.com/-CgVgbhIAjiU/Ve4rbIF-8AI/AAAAAAAAD5s/o7ufWqTFGN0/s1600/dua-2-nikmat-yang-banyak-manusia-lalai.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-CgVgbhIAjiU/Ve4rbIF-8AI/AAAAAAAAD5s/o7ufWqTFGN0/s72-c/dua-2-nikmat-yang-banyak-manusia-lalai.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2015/09/syarh-hadits-dua-nikmat-yang-banyak-manusia-lalai.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2015/09/syarh-hadits-dua-nikmat-yang-banyak-manusia-lalai.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy