Hukum Berbicara dengan Perempuan Terkhusus Tetangga

YUK SHARE:

HUKUM BERBICARA DENGAN PEREMPUAN TERKHUSUS TETANGGA

HUKUM BERBICARA DENGAN PEREMPUAN TERKHUSUS TETANGGA

Asy Syaikh Sulaiman Ar Ruhaily hafizhahullah

Pertanyaan:
Semoga Allah berbuat baik kepadamu, di sini ada seseorang yang bertanya: Fadilatusy Syaikh aku memiliki seorang tetangga perempuan yang aku tumbuh besar bersamanya, dan seringkali dia datang ke tempat tinggal kami dan ketika bertemu denganku dia selalu bertanya tentang keadaanku dan hal-hal yang berkaitan denganku, apakah jika aku menolak berbicara dengannya aku berdosa?

Jawab:
Tentangga ini pada dasarnya memiliki hak tetangga, apalagi saudara penanya berkata bahwa di antara mereka ada umur (yang dijalani bersama ketika kecil– pen), akan tetapi tidak diperbolehkan misalnya untuk bersalaman dengannya.

Adapun berbicara dengannya maka di sini harus dirinci: apabila pembicaraan tersebut di tempat sepi (khalwah) maka tidak boleh, apabila di tempat sepi walaupun di jalanan, apabila jalanan itu sepi maka tidak boleh.

Namun apabila pembicaraan tersebut bukan di tempat sepi, seperti dalam keadaan tetangga tersebut berhijab bersama suaminya, kemudian dia (si perempuan) bertanya tentang keadaannya (si laki-laki) dan dia (si laki-laki) bertanya tentang keadaanya (si perempuan) maka tidak mengapa selama tidak ada sesuatu yang mencurigakan¹ dari salah seorang di antara keduanya, apabila ada sesuatu yang mencurigakan maka ini dilarang karena adanya kecurigaan tersebut.

Akan tetapi, ini dalam pembicaraan biasa seperti bertanya tentang keadaan, adapun pembicaraan yang di luar kebiasaan seperti bercanda dan tertawa-tawa maka tidak boleh seseorang saling bertukar pembicaraan yang seperti ini dengan tetangga perempuan walaupun tidak di tempat yang sepi.

1)  Yang dimaksud wallahu a’lam, adalah seseorang baik itu laki-laki atau perempuan terkadang berbicara untuk menarik perhatian lawan jenis. –pen.

🇸🇦Teks Arab:

 التفصيل في حكم التكلم مع النساء وخاصة الجارات
الشيخ سليمان الرحيلي

السؤال:
أحسن الله إليكم وهذا سائل يقول: فضيلة الشيخ لي جارة تربيت معها وهي غالبا تأتي إلى منزلنا وعندما تلتقي بي تسألني دائما عن حالي وأحوالي, هل إذا امتنعت عن الكلام معها أكون آثمًا؟

الجواب:
هذه الجارة لها حق الجوار أصلًا, والأخ يقول إن بينهما عمرًا, لكن لا يجوز مثلًا أن يصافحها, أما الكلام معها ففيه تفصيل: إن كان الكلام في الخلوة فلا يجوز, ولو في الشارع, إن كان الشارع خاليا فلا يجوز. وإن كان الكلام في غير خلوة كأن تكون متحجبة مع زوجها مثلًا فتسأله عن حاله ويسألها عن حالها فلا حرج في هذا ما لم تظهر الريبة من أحد الطرفين, فإن ظهرت الريبة منعت من أجل الريبة.
لكن هذا في كلام المعتاد كالسؤال عن الحال, أما الكلام الخارج عن المعتاد كالمزاح والضحكات فلا يجوز أن يتبادلها مع الجارة ولو كان بغير خلوة.

✒️ 🎓 Alih bahasa: Al-Ustadz Abu Ahmad purwokerto

📚__" BERBAGI ILMU SYAR'I "__⏳

------------------------------------
https://telegram.me/Forum_ilmiyahKarangAnyar

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Adab-Akhlak,119,Akhirat,11,Akhwat,79,Aqidah,210,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,81,Bid'ah,40,Biografi,18,Cerita,12,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,46,Faedah Ringkas,17,Fiqih,204,Ghaib,10,Hadits,93,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,28,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,74,Inspiratif,24,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,116,Keluarga,113,Khawarij,21,Kisah,103,Kontemporer,104,Manhaj,105,Muamalah,33,Nabi,9,Nasehat,339,Poster,5,Puasa,35,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,98,Renungan,21,Ringkasan,89,Sahabat,23,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,96,Syiah,25,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,408,Tauhid,18,Tazkiyatun Nafs,58,Teman,12,Thaharah,12,Thallabul Ilmi,79,Tweet Ulama,5,Ulama,25,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hukum Berbicara dengan Perempuan Terkhusus Tetangga
Hukum Berbicara dengan Perempuan Terkhusus Tetangga
HUKUM BERBICARA DENGAN PEREMPUAN TERKHUSUS TETANGGA
http://3.bp.blogspot.com/-lUCH7xUf_Gg/Vqlahy40Y2I/AAAAAAAAHJY/ynPxZDG-rEU/s320/rumah-tetangga.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-lUCH7xUf_Gg/Vqlahy40Y2I/AAAAAAAAHJY/ynPxZDG-rEU/s72-c/rumah-tetangga.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/01/hukum-berbicara-dengan-perempuan.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/01/hukum-berbicara-dengan-perempuan.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP CARI ARTIKEL SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy