Jangan Berkata : "Ya Allah, Ampunilah Aku Jika Engkau Kehendaki"

YUK SHARE:

Dan jika hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku akan kabulkan doa orang yang berdoa

 JANGAN BERKATA: YA ALLAH, AMPUNILAH AKU JIKA ENGKAU KEHENDAKI


Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Bersabda:

لَا يَقُولَنَّ أَحَدُكُمْ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي إِنْ شِئْتَ اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي إِنْ شِئْتَ لِيَعْزِمْ الْمَسْأَلَةَ فَإِنَّهُ لَا مُكْرِهَ لَه

Janganlah sekali-kali seseorang berkata: Ya Allah ampunilah aku jika Engkau kehendaki, Ya Allah rahmatilah aku jika Engkau kehendaki. Hendaknya ia kokohkan permintaan, karena tidak ada sesuatupun yang bisa memaksa Allah (H.R alBukhari dan Muslim)

Para Ulama menjelaskan bahwa dalam Berdoa janganlah seseorang mengatakan: itupun jika Engkau kehendaki Ya Allah. Hal ini dikarenakan 2 hal:

1. Setiap manusia adalah Faqir (sangat butuh) kepada Allah.

Seseorang yang mengatakan hal itu, seakan-akan ia mengatakan: yah, kalau Engkau beri syukur, kalaupun tidak, ya tidak mengapa. Itu menunjukkan sikap takabbur seakan-akan ia tidak terlalu butuh dengan yang diminta. Seseorang yang berdoa harus menunjukkan kerendahan dan sangat butuhnya ia kepada Allah.

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala tidaklah sama dengan makhluk. Makhluk jika diminta, kadang akan ada unsur keberatan dan tidak enak. Semakin banyak diminta, semakin tidak senang dalam hatinya. Beda dengan Allah. Tidak ada satupun yang memberatkan bagi Allah untuk diberikan. Semakin sering diminta, Allah semakin Cinta. Kalau seseorang meminta sesuatu kepada makhluk (orang lain), bisa saja dia mengatakan: itupun kalau anda kehendaki, kalaupun tidak, ya tidak mengapa.

Hal ini pula yang menunjukkan kesalahan orang-orang yang mengqiyaskan Allah dengan para raja ketika meminta sesuatu. Mereka berkata: Kalau kita meminta kepada Allah, sebaiknya menggunakan perantara para Wali atau Rasul yang dekat dengan Allah. Bukankah kalau kita ada keperluan dengan presiden dan raja kita tidak bisa langsung meminta, tapi harus lewat ajudan atau para menterinya terlebih dahulu?

Itu adalah kesalahan yang fatal karena menyamakan Allah dengan makhluk.

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Tidak ada sesuatupun yang semisal denganNya dan Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat (Q.S asy-Syuuro: 11)

2. Kalau meminta kepada Allah, seharusnya langsung berdoa kepada Allah tanpa perantara, karena Ia sangat dekat dengan hambaNya. Nabi pernah ditanya oleh seseorang: Wahai Rasulullah, apakah Allah itu dekat sehingga kita cukup bermunajat (berbisik-bisik) dalam doa ataukah harus berteriak? Allah turunkan jawaban atas pertanyaan itu:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيْبٌ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِي إِذَا دَعَانِ

Dan jika hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku akan kabulkan doa orang yang berdoa “ (Q.S AlBaqoroh : 186)

Tidak ada sesesuatupun yang memberatkan bagi Allah ketika diminta. Semuanya mudah bagiNya. Allah berfirman dalam hadits Qudsi:

يَا عِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ قَامُوا فِي صَعِيْدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُوْنِي فَأَعْطَيْتُ كُلَّ وَاحِدٍ مَسْأَلَتَهُ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا عِنْدِي إِلاَّ كَمَا يَنْقُصُ الْمَخِيْطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ

Wahai hamba-hambaKu, kalau seandainya seluruh kalian dari awal sampai akhir, manusia dan jin, berdiri di satu tanah lapang (yang luas), kemudian semuanya meminta kepadaKu, kemudian Aku beri seluruhnya sesuai dengan yang diminta. Hal itu tidaklah mengurangi apa yang ada di sisiKu, kecuali seperti berkurangnya air laut samudera ketika jarum dicelupkan padanya (H.R Muslim).

Dikutip dari Buku "Sukses Dunia Akhirat dengan Istighfar dan Taubat."

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

http://telegram.me/alistiqomah

Edisi: 📂مجموعة الأخوة  السلفية [-MUS-]
Klik "JOIN" http://bit.ly/ukhuwahsalaf

Ⓜ️ #fawaaid #berdoa

-------------


KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,126,Akhirat,12,Akhwat,88,Aqidah,218,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,92,Bid'ah,40,Biografi,31,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fiqih,222,Ghaib,11,Hadits,103,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,132,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,110,Manhaj,122,Muamalah,37,Nabi,8,Nasehat,373,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,103,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,441,Tauhid,22,Tazkiyatun Nafs,66,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,28,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Jangan Berkata : "Ya Allah, Ampunilah Aku Jika Engkau Kehendaki"
Jangan Berkata : "Ya Allah, Ampunilah Aku Jika Engkau Kehendaki"
Dan jika hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku akan kabulkan doa orang yang berdoa
http://4.bp.blogspot.com/-kclRoG-2slY/VqH3bGwsdwI/AAAAAAAAG_c/IBD3FNRfF6o/s320/sea-nature.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-kclRoG-2slY/VqH3bGwsdwI/AAAAAAAAG_c/IBD3FNRfF6o/s72-c/sea-nature.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/01/jangan-berkata-ya-allah-ampunilah-aku.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/01/jangan-berkata-ya-allah-ampunilah-aku.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy