Imam Ahmad Teladan dalam Sabar dan Yakin

YUK SHARE:

dan kami jadikan sebagian mereka para imam yang memberi petunjuk dengan perintah kami ketika mereka bersabar dan dengan ayat-ayat kami mereka yakin” (As Sajadah : 24)

بسم الله الرحمن الرحيم

FADHILAH SALAF

IMAM AHMAD TELADAN DALAM SABAR DAN YAKIN

Imam Ahmad Teladan dalam Sabar dan Yakin

Allah Ta’la berfirman

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ (24)

Artinya : “dan kami jadikan sebagian mereka para imam yang memberi petunjuk dengan perintah kami ketika mereka bersabar dan dengan ayat-ayat kami mereka yakin” (As Sajadah : 24)

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah :

الْإِمَامَ أَحْمَد صَارَ مَثَلًا سَائِرًا يُضْرَبُ بِهِ الْمَثَلُ فِي الْمِحْنَةِ وَالصَّبْرِ عَلَى الْحَقِّ وَأَنَّهُ لَمْ تَكُنْ تَأْخُذُهُ فِي اللَّهِ لَوْمَةُ لَائِمٍ حَتَّى صَارَ اسْمُ الْإِمَامِ مَقْرُونًا بِاسْمِهِ فِي لِسَانِ كُلٍّ أَحَدٍ فَيُقَالُ: قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَد. هَذَا مَذْهَبُ الْإِمَامِ أَحْمَد. لِقَوْلِهِ تَعَالَى {وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ} فَإِنَّهُ أُعْطِيَ مِنْ الصَّبْرِ وَالْيَقِينِ مَا يَسْتَحِقُّ بِهِ الْإِمَامَةَ فِي الدِّينِ.

Artinya : “Imam Ahmad menjadi contoh yang selalu digunakan oleh manusia sebagai contoh dalam permasalahan ujian dan kesabaran diatas al haq, dan bahwasanya celaan-celaan orang yang mencela tidak mampu untuk menahannya sampai  gelar imam melekat pada dirinya pada lisan setiap orang maka dikatakanlah (melalui lisan manusia ):
"berkata Imam Ahmad.."
 "Ini adalah mahdzab Imam Ahmad.. "

Sesuai dengan firman Allah Ta’ala : “dan kami jadikan sebagian mereka para imam yang memberi petunjuk dengan perintah kami ketika mereka bersabar dan dengan ayat-ayat kami mereka yakin” (As Sajadah : 24)

Karena Al Imam Ahmad dikaruniakan Kesabaran dan keyakinan yang membuat dia berhak mendapatkan kedudukan sebagai Imam dalam Agama ini. (Majmu’ Al Fatawa 12/439, sebagian lafazhnya dinukilkan oleh Asy Syaikh Arafat dalam channel beliau)

Saudaraku Fillah.. sudahkah kita mengambil pelajaran dari kisah imam Ahmad ? yang dengan kesabarannya berusaha untuk kokoh dalam agama yang Al Haq walaupun harus menghadapi tokoh-tokoh mu’tazilah dan yang semisal dengannya ..? beliau dipenjara, disiksa namun hal tersebut tidak menggoyahkan beliau diatas keyakinan beliau, sudahkah kita menghadapi gangguan ahlul bid’ah semisal hal yang dialami oleh imam Ahmad, jika jawabannya belum, maka sangat pantas bagi kita untuk bersabar dan meningkatkan keilmuan dan keyakinan kepada Agama yang Haq ini manhaj salafus sholih dan berusaha untuk membela dan mendakwahkannya kepada manusia.
Wallahu Al Muwaffiq

Ditulis oleh : Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji Hafizhahullah

 (Padang  8  Rabi’ul Akhir 1437 H, 18 januari 2016)
⌚️Pukul 20.00 WIB

hastag :
#imamahmad_teladan_dalam_sabar_yakin

Publikasi :
Link Access :
https://bit.ly/SilsilatusSholihinPadang
https://telegram.me/SilsilatusSholihin

Ma'had Silsilatus Sholihin Padang

KOMENTAR

BLOGGER
KAMI BUKAN TERORIS
Nama

Adab-Akhlak,123,Akhirat,12,Akhwat,84,Aqidah,216,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,31,Bantahan,89,Bid'ah,40,Biografi,28,Cerita,13,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,30,Ebook,8,Fadhilah,47,Faedah Ringkas,17,Fiqih,213,Ghaib,11,Hadits,97,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,29,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,76,Inspiratif,25,IT,10,Janaiz,6,Kata Mutiara,121,Keluarga,123,Khawarij,21,Kisah,113,Kontemporer,110,Manhaj,117,Muamalah,37,Nabi,9,Nasehat,360,Poster,6,Puasa,36,Qurban,16,Ramadhan,24,Rekaman,1,Remaja,101,Renungan,22,Ringkasan,90,Sahabat,29,Sehat,26,Sejarah,18,Shalat,100,Syiah,26,Syirik,2,Tafsir,25,Tanya Jawab,426,Tauhid,19,Tazkiyatun Nafs,64,Teman,12,Thaharah,13,Thallabul Ilmi,82,Tweet Ulama,6,Ulama,28,Ustadz Menjawab,3,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Imam Ahmad Teladan dalam Sabar dan Yakin
Imam Ahmad Teladan dalam Sabar dan Yakin
dan kami jadikan sebagian mereka para imam yang memberi petunjuk dengan perintah kami ketika mereka bersabar dan dengan ayat-ayat kami mereka yakin” (As Sajadah : 24)
http://4.bp.blogspot.com/-qF0gIPEwRSw/Vp_O5FMupvI/AAAAAAAAG-s/SvOC8GS2DFM/s320/aor-menetes-daun.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-qF0gIPEwRSw/Vp_O5FMupvI/AAAAAAAAG-s/SvOC8GS2DFM/s72-c/aor-menetes-daun.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
http://www.atsar.id/2016/01/imam-ahmad-teladan-dalam-sabar-dan-yakin.html
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/
http://www.atsar.id/2016/01/imam-ahmad-teladan-dalam-sabar-dan-yakin.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Qodarullah, post tidak ditemukan... LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA LAGI AH... LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Qodarullah, artikel yang antum cari tidak ditemukan ! Ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy