Hati-hati Mengolok-olok Syariat Islam

SHARE:

Dan jika kamu bertanya kepada mereka mereka pasti akan berkata sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan main-main saja

Hati-hati dari mengolok-olok sesuatu yang merupakan bagian dari syariat islam !!!!



Saudaraku..termasuk dari perkara yang wajib diketahui setiap muslim namun kebanyakan manusia lalai dan tidak mengerti tentangnya adalah bahwasannya agama islam memiliki pembatal-pembatal yang dapat mengeluarkan seseorang dari keislamannya dan menjadikannya kafir atau murtad.

Namun kebanyakan manusia di zaman ini mengira bahwa seseorang itu dikatakan kafir atau murtad hanya tatkala seseorang tersebut mengubah identitasnya secara resmi dan mengakui bahwa dia telah berpindah agama dari islam ke kristen atau ke agama yang lainnya. Ini semua dikarenakan jauhnya mereka dari ilmu dan pengetahuan tentang islam.

Padahal di dalam kitab-kitab fiqih yang paling ringkas sekalipun para ulama kita selalu menyisipkan sebuah bab yang membahas tentang
💧murtad,
💧sebab yang menjadikan seseorang murad,
💧dan hukum islam atas orang-orang yang murtad.

Namun untuk membahasnya secara detail dan terperinci akan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu tulisan ini hanya akan membahas tentang salah satu pembatal keislaman yang kebanyakan kaum muslimin sering terjatuh padanya, dengan tujuan agar kita berhati-hati dan menjaga diri dari perbuatan tersebut dan juga agar orang-orang yang telah terjatuh padanya bisa tersadar dan bertaubat serta beristighfar kepada Allah..

Salah satu perbuatan yang membuat seseorang menjadi murtad adalah istihza' bi diinillahi atau mengolok-ngolok sesuatu yang merupakan bagian dari syariat islam baik yang sunnah maupun yang wajib.

Allah ta'ala berfirman:

(وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ لا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ)

"Dan jika kamu bertanya kepada mereka (tentang apa yang mereka perbuat) mereka pasti akan berkata sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan main-main saja, katakanlah apakah dengan Allah, ayat-ayatNya, dan rosulNya kalian berolok-olok? Janganlah kalian meminta udzur!! Karena sungguh kalian telah kafir setelah beriman"
(QS at taubah ayat: 65-66)


Saudaraku.. dari ayat diatas kita bisa mengetahui bahwa mengolok-olok sesuatu yang merupakan bagian dari syariat islam sekalipun hanya untuk bersenda gurau atau main-main merupakan perkara besar dalam islam, karena mengandung suatu bentuk perendahan dan meremehkan syariat islam.

Berkata imam as sa'di ketika mengomentari ayat diatas:

فإن الاستهزاء بالله وآياته ورسوله كفر مخرج عن الدين لأن أصل الدين مبني على تعظيم الله وتعظيم دينه ورسله والاستهزاء بشيء من ذلك مناف لهذا الأصل ومناقض له أشد المناقضة

"Sesungguhnya mengolok-olok Allah, ayat-ayatNya, dan rosulNya, merupakan kekufuran yang mengeluarkan seseorang dari agama. dikarenakan asas atau pondasi dari agama itu tegak diatas pengagungan kepada Allah, kepada agamaNya, dan kepada para rosulNya. adapun tindakan mengolok-olok sesuatu dari itu semua, adalah merupakan bentuk penafian atau pengingkaran terhadap asas tersebut dan pembatal yang paling besar bagi asas tersebut."
(Tafsir as sa'di hal 343)

Namun perkara yang sangat disayangkan adalah jauhnya kebanyakan kaum muslimiin dari pengetahuan tentang agama mereka sendiri sehingga seringkali kita dapati sebagian syariat islam seperti jenggot, cadar, jubah, celana diatas mata kaki, dll, justru menjadi bahan ejekan dari orang-orang yang mengaku muslim.

Maka, tahanlah lisanmu wahai saudaraku, dari mengolok-olok sesuatu yang merupakan bagian dari syariat islam..!!!


Semoga Allah ta'ala memberikan kepada kita dan kaum muslimiin taufiiq dan hidayahNya agar selalu kokoh diatas agama islam dan terhindar dari sebab-sebab kekufuran.

Amiin.. yaa robbal 'aalamiin..


Penulis:
Forum
S O S ilmiyyah..

KOMENTAR

BLOGGER
program peduli lombok dan sulteng
Nama

Adab-Akhlak,129,Akhirat,12,Akhwat,91,Aqidah,221,Arab Saudi,15,Asma wa Shifat,1,Audio,32,Bantahan,93,Bid'ah,41,Biografi,32,Cerita,15,Cinta,8,Dakwah,17,Doa Dzikir,31,Ebook,7,Fadhilah,50,Faedah Ringkas,17,Fatwa Ringkas,4,Fiqih,231,Ghaib,11,Hadits,108,Haji-Umroh,10,Hari Jumat,30,Hari Raya,3,Ibadah,49,Info,77,Inspiratif,26,IT,12,Janaiz,6,Kata Mutiara,123,Keluarga,135,Khawarij,22,Kisah,117,Kontemporer,113,Manhaj,124,Muamalah,38,Nabi,8,Nasehat,377,Poster,6,Puasa,41,Qurban,17,Ramadhan,27,Rekaman,1,Remaja,104,Renungan,23,Ringkasan,90,Sahabat,30,Sehat,27,Sejarah,19,Shalat,106,Syiah,26,Syirik,3,Tafsir,26,Tanya Jawab,450,Tauhid,23,Tazkiyatun Nafs,67,Teman,12,Thaharah,15,Thallabul Ilmi,85,Tweet Ulama,6,Ulama,29,Ustadz Menjawab,5,Video,10,Zakat,3,
ltr
item
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy: Hati-hati Mengolok-olok Syariat Islam
Hati-hati Mengolok-olok Syariat Islam
Dan jika kamu bertanya kepada mereka mereka pasti akan berkata sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan main-main saja
http://2.bp.blogspot.com/-aGM0ulQN88g/VSyHarFLpdI/AAAAAAAADRc/PAdEb67vbYs/s320/IMG_20150412_142356.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-aGM0ulQN88g/VSyHarFLpdI/AAAAAAAADRc/PAdEb67vbYs/s72-c/IMG_20150412_142356.jpg
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
https://www.atsar.id/2016/01/hati-hati-mengolok-olok-syariat-islam.html
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/
https://www.atsar.id/2016/01/hati-hati-mengolok-olok-syariat-islam.html
true
5378972177409243253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA POST Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua BACA LAGI YUK LABEL ARSIP CARI ARTIKEL ALL POSTS Al afwu, artikel tidak ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan yang lalu Pengikut Ikut THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy